Plt. Kakanwil Melaksanakan Inspeksi dan Arahan Kepada Petugas Rutan Bandarlampung Terkait Deteksi Dini Pontensi Penyebab Kebakaran

# Dilihat: 72 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Bandarlampung –

Pasca kejadian kebakaran besar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten. Plt Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Lampung, Iwan Santoso langsung melaksanakan Inspeksi terkait deteksi dini yang berpotensi menyebabkan Kebakaran dan memberikan Arahan kepada Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandarlampung, Rabu (09/09/2021) malam

Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Bandarlampung, Sulardi didampingi Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas I Bandar Lampung, Yudi Hari Yanto mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk langkah pencegahan atau deteksi dini terkait dengan Instalasi listrik dan daerah-daerah rawan kebakaran mengingat kejadian kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang.

Dalam kunjungannya, Kakanwil berpesan kepada seluruh petugas Rutan Bandarlampung untuk tetap selalu memperhatikan ruang kerja masing-masing. Lalu kabel-kabel listrik yang berantakan segera dirapikan serta matikan listrik apabila sudah tidak terpakai. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang tersedia harus mudah dijangkau dan diperiksa keberfungsiannya.

Kepala Keamanan Rutan Kelas I Bandarlampung, Yudi Hari Yanto menambahkan dirinya juga telah memeriksa instalasi listrik ilegal yang bakal membahayakan para tahanan maupun pegawai rutan sendiri. Menurutnya, jauh sebelum Rutan Bandarlampung juga telah menyediakan alat kebakaran sebagai bentuk antisipasi kedepan. “Mengingat jika ada instalansi listrik yang ilegal kami juga menertibkan,” kata dia.

“Iya sesuai arahan pak Kakanwil Lampung Iwan Santoso, kami sudah melakukan beberapa upaya untuk Inspeksi dini situasi saat ini, kami juga sudah melakukan langkah-langkah otentik dengan cara memeriksa aliran listrik di gedung rutan ini. Petugas Rutan juga akan melakukan simulasi kebakaran dengan cara bekerja sama dengan BPBD Bandarlampung.

Ia menjelaskan, kedepannya juga kami akan bekerja sama dengan dinas BPBD untuk melakukan simulasi jika terjadinya kebakaran. “Kami juga menyediakan alat pemadam kebakaran sebanyak 10 unit di setiap titik untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan,” kata dia. (Tik)

BACA JUGA:  Laksanakan Serah Terima Jabatan, Pelaksana Tugas Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung Resmi Berganti
  • Bagikan