Plt Kakanwil Pastikan Pelaksanaan SKD CPNS 2021 Sesuai Rencana

# Dilihat: 14 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Bandarlampung –

Seleksi Kompetensi Dasar berbasis Computer Assisted Test (CAT) bagi Peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung TA. 2021 diikuti oleh sebanyak 13.784 pelamar. Pelaksanaan kegiatan SKD yang dilaksanakan selama delapan hari sejak 28 September 2021 hingga 05 Oktober 2021 mendatang dipastikan berjalan dengan lancar sesuai rencana. Hal tersebut Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Iwan Santoso yang didampingi Ketua Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, Ida Asep Somara, Rabu (29/09)

Plt Kakanwil, Iwan Santoso mengatakan dari 13.784 peserta SKD dengan Kualifikasi Pendidikan Non-SLTA sebanyak 1.050 peserta dan SLTA sebanyak 12.734 peserta. Para peserta ini nantinya akan diterima sebanyak 55 Pria dan empat Wanita. Kemudian sebelum memasuki ruangan Tes SKD para peserta sebelumnya diperiksa Surat Deklarasi Kesehatan, surat tes rapid antigen atau swab dengan hasil negative atau non reaktif, dan pengecekan suhu, dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen dengan memperlihatkan KTP pada masing-masing peserta.

Para peserta diwajibkan melakukan penitipan barang-barang agar memastikan barang yang dibawa di ruangan hanya kartu ujian, KTP serta pensil, selanjutnya penggeledahan badan, dan pemberian PIN ujian, sebelum memasuki ruangan tes para peserta menunggu di area steril sambal diperelihatkan tata tertib ujian di dalam ruangan. “Diharapkan para peserta fokus dan percaya pada kemampuan diri sendiri. Jangan percaya dengan pihak-pihak manapun yang menawarkan untuk kelulusan, semuanya HOAX,” tegas Iwan.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, Ida Asep Somara menjelaskan bahwa antusias pelaksanaan kegiatan CPNS kemenkuham Lampung ini realatif cukup banyak. “Persesi kita lakukan 600 peserta dan tiap hari nya ada tiga sesi untuk peserta kecuali di hari jumat, hanya 2 sesi,” tutur Ida Asep Somara saat diwawancarai awak media.
Kegiatan ini, sambung Asep, kemenkuham Lampung juga sudah berkoordinasi dengan satgas Covid, Polri maupun TNI. “Dari segi pengawasan nya pun kita kedatangan Direktorat Jendral, Sekretariat Jendral hingga Ombudsman untuk melihat langsung pelaksaan ini berjalan dengan transparan dan humanis,” katanya.

BACA JUGA:  Keren ! Sebanyak 627 Narapidana Lapas Rajabasa Menerima Remisi HUT ke 76 RI

“Semoga sukses dalam Tes SKD dan bisa bergabung menjadi bagian dari Keluarga Besar Kementerian Hukum dan HAM. Untuk tahap pertama peserta harus lulus seleksi berkas maupun administrasi. Seleksi berkas sudah kami lakukan di bulan Juli lalu dan saat ini telah mencapai tahap kedua, tahap ketiga sendiri nanti adalah tes samaptha yang hanya di sediakan kuota sejumlah tiga kali dari formasi,” kata mantan Plt Kakanwil Kemenkumham Lampung tersebut.

Hal senada juga diungkapkan koordinator Tim CAT BKN Hendra Rudiansyah, bahwa peserta yang akan mengikuti tes ini wajib hadir 60 menit sebelum di mulai nya pelaksanaan tersebut. “Peserta wajib hadir 60 menit sebelum di mulai, dan peserta juga yang mengikuti tes ini di sediakan waktu 100 menit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan juga telah mengikuti tes antigen sebagai bentuk pencegahan penularan covid19,” tandasnya.

Selanjutnya perwakilan dari Badan Kepegawai Negara menyampaikan untuk selalu senantiasa berdoa sebelum memulai ujian serta berusaha dengan semaksimal mungkin. Sebagai Informasi, Pada Kegiatan SKD ini dibagi menjadi tiga sesi perharinya dimana pelaksanaan waktu ujian pada Sesi I jam 08.00 s.d. 09.50, Sesi II jam 11.00 s.d. 12.50, Sesi III jam 14.00 s.d. 15.50 dengan soal sebanyak 110 dan waktu 100 menit. Untuk ambang batas nilai yang ditetapkan yaitu untuk TWK: 65, TIU: 80, TKP: 165 dengan total kumulatif: 331. (Red)

  • Bagikan