KPw BI Provinsi Lampung Tingkatkan Komunikasi Bank Central di Era Digital

# Dilihat: 13 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Lampung Selatan –

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Lampung terus berupaya meningkatkan komunikasi digital dalam menyebarluaskan informasi menyangkut kebijakan otoritas moneter itu untuk menjangkau masyarakat di Tanah Air yang kini terbiasa dengan teknologi informasi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Divisi Relasi Media dan Opinion Maker, Departemen Komunikasi, KPw BI Provinsi Lampung, Irfan Farullian, saat memberikan materi yang digelar di Grand Elty Krakatoa, Kalianda, Lampung Selatan, Sabtu (09/10)

Dalam agenda pelatihan dilanjutkan dengan pemberian materi soal “Komunikasi Bank Indonesia di Era Digital” pada kegiatan Workshop Jurnalistik bagi wartawan regional Lampung tahun 2021. Kemudian, diteruskan dengan materi “Jurnalistik dan Media Digital” oleh Pemred Republika.co.id Elba Damhuri. Workshop Jurnalistik bagi Wartawan Regional Lampung dilaksanakan selama tiga hari, pada hari pertama, agenda pelatihan diisi oleh materi soal QRIS dan mengenai cinta, bangga, dan paham rupiah. Pada hari kedua disuguhkan materi soal kebanksentralan, komunikasi BI di era digital, serta materi jurnalistik dan media digital.

Irfan Farullian menjelaskan, generasi saat ini yang lahir di era digital maka komunikasinya juga berbeda. Dalam menyasar generasi muda, penyampaian informasi dilakukan BI lebih singkat dan padat, informasi yang mendalam dan tajam, memberikan kesempatan kepada mereka untuk beropini dan menampilkan fitur menarik berupa gambar yang mudah menarik perhatian. Ia juga menambahkan, komunikasi dari bank sentral kepada masyarakat tidak terlepas dari peran media yang mentransmisikan kebijakan sehingga dapat diterima dan dipahami pelaku usaha dan masyarakat.

Menurutnya, Media akan menginformasikan kebijakan secara cepat dan tepat sasaran termasuk dalam mengendalikan ekspektasi inflasi. Untuk itu pihaknya juga berperan dalam memberikan pemahaman terutama menyangkut fungsi BI sebagai otoritas moneter, menjalankan sistem pembayaran serta menjaga stabilitas sistem keuangan. Salah satu upaya BI dalam meningkatkan pemahaman media yakni dengan melakukan pelatihan kepada awak media terutama menyangkut fungsi bank sentral itu. (Red)

BACA JUGA:  Sekdaprov Fahrizal Darminto Ikuti Upacara Penurunan Bendera dalam Rangka HUT RI ke-76
  • Bagikan