Penganugerahan KPPU Award 2021 Untuk Lampung

# Dilihat: 172 pengunjung

Betiklampung.com, Bandarlampung –

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan menyelenggarakan penganugerahan KPPU
Award 2021 pada tanggal 14 Desember 2021 di Jakarta. Berdasarkan hasil penilaian, Provinsi
Lampung merupakan salah satu kandidat Provinsi di Luar Pulau Jawa dengan hasil penilaian
terbaik/tertinggi.

Hal tersebut menjadi capaian dari Provinsi Lampung karena penilaian untuk KPPU Award dilakukan ke 34 Provinsi di Indonesia, meskipun ditengah masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil capaian yang terdokumentasi, Provinsi Lampung masuk menjadi kandidat dalam dua sisi kategori yaitu: kategori Persaingan Usaha dan kategori Pengawasan
Kemitraan.

BACA JUGA:  Tekab 308 Presisi Polda Lampung Berhasil Tangkap DPO Pelaku UU ITE Polda DIY

Dalam penilaian KPPU Award untuk menentukan kandidat kategori Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan, dilakukan menggunakan beberapa parameter diantaranya skor Indeks Persaingan Usaha per daerah serta interaksi dan koordinasi kebijakan antara Pemda dengan KPPU, baik melalui diskusi, keterlibatan dalam tim bersama serta rapat-rapat koordinasi antara Pemda dengan KPPU.

Berdasarkan Kedua Kategori tersebut, tercatat Provinsi Lampung sangat aktif terutama dengan peran Pemda Lampung dalam permintaan saran dan pertimbangan untuk isu persaingan usaha, diantaranya: Stabilitas harga komoditas peternakan, rumusan kebijakan Gubernur dalam upaya peningkatan pendapatan petani ubi kayu, Rumusan Kebijakan Gubernur untuk kelancaran ekspor, kebijakan impor, KUR dan Pajak.
Kemudian untuk sisi pengawasan kemitraan, Pemerintah Provinsi Lampung sangat aktif dalam mendukung perwujudan pola kemitraan yang sehat.

BACA JUGA:  Pidsus Kejari Lampung Tengah Raih Penghargaan Juara II Penanganan Perkara Tindak Pidana Korupsi Terbaik Se-Wilayah Kejati Lampung

KPPU melalui Kanwil II mencatat setidaknya terdapat (delapan) Peraturan Gubernur yang mendukung terwujudnya pola kemitraan yang sehat antara UKM dengan Usaha Besar/Menengah di Lampung. Atas dasar tersebut, KPPU memberikan appresiasi kepada Pemda Lampung termasuk dukungannya atas penerapan kebijakan Persaingan Usaha sehat dan Pengawasan Kemitraan selama periode 2021. (Red)