ITERA Kembali Meluluskan 421 Sarjana Dalam Wisuda ke-11

# Dilihat: 337 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandarlampung —

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kembali melahirkan sarjana baru untuk kesebelas kalinya. Sebanyak 421 lulusan diwisuda dalam Sidang Terbuka Wisuda ke-11 Institut Teknologi Sumatera Tahun 2022, Sabtu, 16 Juli 2022.

Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam pidatonya menyamapaikan rasa syukur atas capaian para wisudawan yang tetap semangat berjuang untuk lulus, meski di tengah pandemi Covid-19 yang sulit. Rektor juga menyebut, sejak wisuda pertama pada tahun 2016 sampai dengan wisuda ke-11, ITERA telah meluluskan sebanyak 2.319 lulusan yang telah berkiprah di berbagai bidang yang diharapkan dapat terus mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera dan Indonesia.

“Hari ini adalah episode akhir dari perjalanan studi program sarjana yang telah saudara tempuh. Namun menjadi langkah awal menapaki anak tangga kehidupan selanjutnya,” ujar Prof. I Nyoman. Untuk itu, Rektor berpesan agar para wisudawan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai dapat membantu menggali potensi di daerah masing-masing untuk dikembangkan.

BACA JUGA:  Pertamina Patra Niaga Hadirkan Program MyPertamina Tebar Hadiah Mulai 1 Juni 2023

“Saudara pasti mampu mengembangkan potensi tersebut sebagai putra-putri terbaik daerah,” tegas Rektor. Selain itu, sebagai lulusan perguruan tinggi yang fokus di bidang sains dan teknologi, Rektor meminta para alumni mampu berinovasi guna menciptakan teknologi baru atau memberikan masukan sesuai bidang keilmuwan yang dapat menjadi solusi atas permasalahan di masyarakat sekitar. Jika hal tersebut dilaksanakan dengan serius, ditambah kemampuan hardskill dan softskill yang mumpuni, Rektor optimistis lulusan ITERA tidak hanya sukses di dunia kerja tetapi juga kelak mampu membuka lapangan kerja.

BACA JUGA:  Pertamina Cek Langsung ke Pangkalan Pastikan Pasokan LPG di Lampung Aman, Kenali Ciri-Ciri Pangkalan Resmi Pertamina

Dalam wisuda periode ke-11, sebanyak 421 wisudawan terdiri dari lulusan Program Studi Arsitektur sebanyak 11 lulusan, Biologi (35), Farmasi (33), Fisika (18), Kimia (21), Matematika (50), PWK (24), Sains Atmosfer dan Keplanetan (2), Teknik Biosistem (15), Teknik Elektro (17), Teknik Fisika (5), Teknik Geofisika (22), Teknik Geologi (18), Teknik Geomatika (2), Teknik Industri (35), Teknik Informatika (30),Teknik Kelautan (22), Teknik Kimia (3).

Kemudian Teknik Lingkungan (8), Teknik Mesin (8), Teknik Mesin (33), Teknik Sistem Energi (1), Teknologi Industri Pertanian (2), dan Prodi Teknologi Pangan sebanyak 5 lulusan.
Dari 421 wisudawan, wisudawan terbaik pertama diraih oleh Muhammad Rofif Nurfaizi dari Prodi Kimia dengan IPK 3.99, wisudawan terbaik kedua yaitu Latasya Adelia Wulandari dari Teknik Kimia (IPK 3.97), dan wisudawan terbaik ketiga diraih oleh Alviany Mayska Sugiarty dari Prodi Teknologi Pangan (IPK 3.94).

BACA JUGA:  Lawan Varian Omicron, Sekjen Kemenkumham Ketatkan Prokes Perkantoran

Sementara wisudawan tercepat pertama diraih oleh Jihan Puspita Sari (Prodi Kimia) dengan masa studi 3 tahun, 7 bulan, 25 hari, tercepat kedua yaitu Chusnul Khatimah Nurul (Teknik Kelautan) dengan masa studi 3 tahun, 8 bulan, 14 hari, dan tercepat ketiga diraih oleh Ringgo Galih Sadewo (Teknik Informatika) dengan masa studi 3 tahun, 8 bulan, 17 hari.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor juga mengumumkan termuda dalam Wisuda Program Sarjana ke-11 ITERA yang diraih oleh Shafa Salsabila Gustrida A.P dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota yang telah menyandang gelar sarjana pada usia 20 tahun, 10 bulan, 17 hari. (Red)