Dalam Rangka Hari Kementerian Hukum dan HAM RI ke-78, Lapas dan Rutan Kota Agung Gelar Aksi Donor Darah

# Dilihat: 118 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Kotaagung —

Dalam Rangka memperingati Hari Kementerian Hukum Dan HAM RI yang ke – 78, Lapas dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kota Agung berkolaborasi dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Kab. Pringsewu menyelenggarakan kegiatan aksi donor darah di Aula Lapas Kota Agung pada Rabu, (02/08/2023).

6 orang Tim Medis diturunkan oleh UTD RSUD Kab. Pringsewu dalam kegiatan kali ini. Sementara itu, Seluruh pegawai Rutan dan Lapas Kota Agung antusias ikut berpartisipasi dalam aksi ini.

Sebelum mendonorkan darah, pendonor terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh dokter meliputi tekanan darah, jumlah Hb dalam darah serta riwayat penyakit atau perilaku seksual beresiko lainnya. Jika dipandang memenuhi syarat sebagai pendonor dari segi kesehatan, maka pendonor baru diambil darahnya oleh tim medis.

BACA JUGA:  Rutan Kota Agung Berhasil Raih Izin Operasional Klinik Pratama dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tanggamus

Dari kegiatan ini, terkumpul 29 kantong darah, yakni 11 kantong dari pendonor Rutan Kota Agung dan dari Lapas Kota Agung berjumlah 18 Kantong.

Kepala Rutan Benny M. Saefulloh memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai yang telah mengikuti kegiatan donor darah, karena ini sebagai salah satu bentuk wujud kepedulian kepada masyarakat. “Harapannya semoga semua darah yang telah terkumpul bisa memberikan manfaat dan dapat di saluran kepada yang membutuhkan,” kata Benny.