Rutan Kelas I Bandar Lampung Melakukan Upaya Deteksi Dini Kesehatan Bagi Warga Binaan

# Dilihat: 126 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandarlampung —

Rutan Kelas I Bandar Lampung Kanwil Kemenkumham Lampung bekerja sama dengan Puskesmas Karang Anyar melakukan upaya deteksi dini kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan melakukan skrining penyakit menular dan tidak menular, yakni pemeriksaan HIV, Skrining TB, Tinggi Badan, Berat Badan dan pemeriksaan kadar gula darah yang dilaksanakan di Aula Lantai II Rutan Bandar Lampung. Kamis, 10 Agustus 2023.

Kegiatan skrining kesehatan ini dibuka langsung Kepala Subseksi Administrasi dan Perawatan Rutan Bandar Lampung, Ardeli Permata C, yang didampingi oleh dr. Bambang Eka selaku Dokter di Rutan Bandar Lampung. Sebanyak 50 orang Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Bandar Lampung yang terdiri dari blok A,B,C mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut yang didampingi oleh Dokter Rutan Bandar Lampung, dr. Bambang Eka.

BACA JUGA:  Pecah ! Peringatan Hari Ibu Diwarnai Tangisan Puluhan Andikpas LPKA Kelas I Palembang

Hasil skrining secara umum menyatakan WBP tidak menderita penyakit menular berbahaya. Sementara bagi WBP yang memiliki keluhan penyakit tertentu diberikan pengobatan sesuai dengan SOP pelayanan kesehatan WBP di Rutan Bandar Lampung. Beberapa petugas juga mengikuti skrining kesehatan tersebut untuk memastikan bahwa petugas juga dalam kondisi prima ketika menjalankan tugas.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengantisipasi resiko penyebaran penyakit khususnya TBC dan HIV di Rutan Bandar Lampung, mengingat warga binaan termasuk dalam kategori populasi beresiko dimana satu kamar hunian diisi oleh beberapa orang warga binaan sehingga penularan penyakit TBC dan HIV tidak dapat dihindari.