Prof Dr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo Lakukan Kunjungan Pastoral ke lingkungan TNI-POLRI

# Dilihat: 114 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandarlampung —

Uskup Agung Jakarta Kardinal Prof. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo melakukan Kunjungan Pastoral ke lingkungan TNI-POLRI Keuskupan Sufragan Tanjungkarang. Kunjungan ini menjadi momen istimewa bagi keuskupan di Bumi Ruwa Jurai.

Kedatangan Kardinal dan rombongan dari Palembang ini disambut Uskup Tanjungkarang Mgr. Vinsensius Setiawan Triatmojo dan panitia di Susteran CB Rumah Retret Matow Way Hurik Tanjung Senang, Rabu, 11 Oktober 2023.

Kardinal Prof. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo Pr. disertai Uskup Agung Palembang Mgr. Yohanes Harun Yuwono, Romo Kolonel Sus Yoseph Bintoro (Wakil Uskup untuk Umat Katolik di Lingkungan TNI-POLRI), Irjen Pol (pur) Heribertus Dahana, Brigjen TNI (Pur) Yohanes Wahyu Agung Setyo Widodo, Mayor Cpl Agung (Disbintalad), Kombes Pol Ucok Lasdin Silalahi, Kapten Laut (KH) Romaldus Narahamin dan Lettu Paulus Nasib Suroto.

BACA JUGA:  Wagub Chusnunia Lepas Kontingen Pramuka Lampung Menuju Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur

Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (HAK) dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang, Romo Philipus Suroyo Pr mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kardinal dan rombongan.

“Agenda kunjungan Kardinal di Keuskupan Tanjungkarang ini untuk melakukan beberapa kegiatan, yakni: audiensi dengan Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika S.H.S.I.K.M.Si. dan Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E.,” jelas Romo Roy, panggilan akrab Philipus Suroyo Pr.

Selain bersilaturahmi, dalam audiensi baik ke Kapolda Lampung maupun Danrem, lanjut Romo Roy mereka mengenalkan keberadaan keuskupan di lingkungan TNI dan POLRI.

“Disampaikan juga bahwa Bapak Kardinal sebagai Uskup di lingkungan TNI dan POLRI ingin menyapa secara khusus personil di lingkungan TNI dan POLRI juga termasuk ASN secara lebih dekat dalam Ekaristi Kudus dan dalam acara sambung rasa serta makan bersama,” jelas Romo Roy.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Ikuti Dialog Interaktif Pembumian Nilai-Nilai Pancasila

Menurut Romo Roy agar personil TNI dan POLRI yang beragama Katolik mendapat pembinaan mental spiritual secara khusus, maka perlu mendapat siraman rohani.

“Misalnya setiap Jumat pertama diadakan Perayaan Ekaristi di lingkungan TNI dan POLRI yang akan dilayani oleh oleh saya sebagai Ketua Komisi Komisi HAK dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang. Gagasan-gagasan itu disambut baik oleh Kapolda dan Danrem dan akan ditindaklanjuti,” tandas dia.

Sebagai informasi, usai audiensi Bapak Kardinal dan rombongan kembali ke RR CB Matoy Way Hurik. Sore harinya diadakan Perayaan Ekaristi bersama Uskup TNI/POLRI di Gereja Stasi Waykandis, Paroki Santo Yohanes Rasul Kedaton, Bandar Lampung. Usai Ekaristi dilanjutkan dengan sambung rasa dengan keluarga besar anggota tetap umat Katolik di Lingkungan TNI & POLRI.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Lampung Gelar Reses Terkait Sarpras SMA/Ma’Arif

Diawali dengan sajian video singkat tentang keuskupan militer. Lalu dilanjutkan dengan syering pengalaman para TNI-POLRI, berkisar: motivasi masuk TNI (AU, AL, AD) maupun POLRI, pengalaman yang paling mengesankan, apa yang membanggakan, dan harapan sebagai anggota TNI dan POLRI.

Acara berakhir dengan ramah tamah. Bapak Kardinal dan rombongan kembali ke RR CB Matoy Way Hurik, Tanjung Senang. Esok pagi akan kembali ke Jakarta. (*)