Guna Meningkatkan Pengetahuan, Puluhan Wartawan Ikuti Pelatihan Singkat Kampanye Media Rajungan Untuk Masyarakat Sejahtera

# Dilihat: 19 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Bandarlampung –

Guna meningkatkan pengetahuan wartawan daerah mengenai perikanan tangkap rajungan. Corral Triangle Center (CTC) bekerja sama dengan Komite Pengelolaan Perikanan Rajungan Berkelanjutan (KPPRB) Provinsi Lampung dan mitra kerja lain telah menggelar Pelatihan Singkat Kampanye Media Rajungan Untuk Masyarakat Sejahtera (JUARA) bagi puluhan wartawan dan media cetak Provinsi Lampung dengan menaati protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Emersia Bandarlampung, Sabtu (18/09/2021)

Program Communication Officer CTC, I Putu ASW Yoga Putra menjelaskan pelatihan yang diikuti wartawan dari berbagai media di Lampung ini, dilakukan dengan tujuan untuk mengarusutamakan persoalan perikanan tangkap rajungan berkelanjutan di tingkat provinsi. Pelatihan Singkat Kampanye Media JUARA untuk wartawan ini bertema “Kontribusi Media dalam Pelestarian Perikanan Rajungan Berkelanjutan di Indonesia” ini merupakan bagian dari kampanye komunikasi Rajungan untuk Masyarakat Sejahtera (Juara).

Menurutnya, pelatihan singkat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan wartawan daerah mengenai perikanan tangkap rajungan, sesuai enam tahapan pembelajaran Taksonomi Bloom. Dalam kegiatan tersebut CTC dan Terra Komunika menghadirkan narasumber yang mewakili berbagai elemen perikanan tangkap rajungan serta industri di daerah dan nasional, untuk memberikan informasi mengenai perikanan tangkap rajungan berkelanjutan. “Pelatihan ini dirancang berlangsung di dalam kelas secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19,” kata Yoga Putra.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat luas dan pemangku kepentingan terkait dapat sadar dan peduli terhadap nilai sosial ekonomi rajungan dan penegakan hukum, serta perlindungan ekosistem laut untuk menjaga stok rajungan. “Melalui pengarusutamaan narasi perikanan rajungan berkelanjutan di media, diharapakan membuat masyarakat dan pemangku kepentingan terkait, dapat sadar dan peduli terhadap nilai sosial ekonomi rajungan dan penegakan hukum. Serta perlindungan ekosistem laut untuk menjaga stok rajungan di alam,” kata dia. (Red)

BACA JUGA:  Juniardi Mantap Calonkan diri Sebagai Ketua PWI Provinsi Lampung
  • Bagikan