Gelorakan Semangat Tahun HAK Cipta, Kemenkumham Jabar Laksanakan Pemantauan Kekayaan Intelektual ke PT Sinar Runnerindo Sepatu Ventela

# Dilihat: 27 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Bandung —

Kantor Wilayah dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi Pemantauan Kekayaan Intelektual (KI) sejalan dengan atensi Menteri Hukum dan HAM RI yang mencanangkan Tahun 2022 ini sebagai Tahun Hak Cipta, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Sudjonggo, hari ini (Kamis, 13/01/2022) melaksanakan Peninjauan ke salah satu industri yang Merek dan Hak Cipta nya telah terdaftar yaitu PT. Sinar Runnerindo yang bergerak di bidang Industri Padat Karya Produsen sepatu dengan Merek Sepatu Ventela.

Kakanwil Sudjonggo yang didampingi oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Heriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian, Heru Tjondro, Plt. Kepala Divisi Administrasi, Eva Gantini, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Ahmad Kapi Sutisna, Kepala Sub Bidang Pelayanan KI, Dona Prawisuda, Brand Ambassador Kekayaan Intelektual Jabar, Firman Siagian, dan Staf Sub Bidang Pelayanan KI ini diterima langsung oleh Owner PT. Sinar Runnerindo, William Ventela, didampingi General Manager, Ferry, serta Manager HRD dan Umum, Romeo.

Kegiatan Pemantauan KI ini diawali dengan penjelasan maksud dan tujuan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat yang hendak melaksanakan Pemantauan Kekayaan Intelektual ke PT. Sinar Runnerindo ini, untuk kemudian Kakanwil menjelaskan struktur organisasi Kantor Wilayah secara singkat yang dimana didalamnya terdapat tugas dan fungsi Kekayaan Intelektual. Kakanwil Sudjonggo juga turut memeriksa Sertifikat Merek yang dimiliki PT. Sinar Runnerindo untuk Merek Sepatu Ventela yang telah terdaftar dan mengingatkan bahwa sepuluh tahun sekali Sertifikat tersebut harus diperpanjang kepada Owner.

Kakanwil menjelaskan bahwa selain bertujuan melaksanakan Pemantauan KI, Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar pada Tahun Hak Cipta saat ini ingin lebih dekat dan mengetahui terhadap Produk-produk Kekayaan Intelektual yang bertaraf Industri untuk nantinya dijadikan Bahan Laporan kepada Kementerian lebih khususnya ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, “Saya sangat mengapresiasi dan kagum bahwa merek Sepatu Ventela yang berasal dari Jawa Barat lebih khusus lagi Kabupaten Bandung ini sudah digunakan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, Walikota Solo Gibran, bahkan beberapa Public Figur yang sangat terkenal, yang membuktikan bahwa Kualitas Produk Lokal kita tidak kalah saing dengan Produk Impor.” Ungkap Kakanwil.

BACA JUGA:  Peringati Hari Anak Nasional, PLN Dukung Kegiatan Literasi dan Kelurahan Layak Anak

Setelah melaksanakan Pemantauan terhadap dokumen administrasi Kekayaan Intelektual, Kakanwil Sudjonggo bersama rombongan didampingi Owner PT. Sinar Runnerindo melaksanakan Peninjauan ke bagian – bagian Produksi, yang mana diperoleh informasi bahwa produksi Sepatu Ventela ini selain Industri padat karya dengan sekitar 2200an Karyawan juga merupakan Industri yang mandiri mengingat seluruh proses produksi nya yang terintegrasi dari hilir ke hulu, dimulai dari pengolahan karet sendiri, pembuatan ornamen sepatu sendiri seperti tali; sol; badan sepatu; sampai dengan lubang itik pada sepatu semuanya dibuat sendiri oleh PT. Sinar Runnerindo dengan produksi perhari sekitar 1500 pasang.

  • Bagikan