Barang Bukti Kejahatan Senilai Ratusan Juta Dimusnahkan Kejari Bandar Lampung

# Dilihat: 33 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Bandarlampung —

Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandarlampung, melakukan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan selama periode tujuh bulan Agustus 2021 hingga Maret 2022. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bandarlampung, Helmi melalui Kepala Seksi (Kasi) Barang Bukti dan Barang Sitaan Negara, Ditta Ardian saat ditemui di Bandarlampung, Selasa 22 Maret 2022

Ditta Ardian mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan hari ini ada sebanyaj 469 item dari 469 perkara. “Hari ini ada 469 item yang kita mushanhkan. Pemusnahan ini pula atas intruksi pimpinan dan juga disaksikan dari berbagai pihak,” katanya saat diwawancarai awak media usai melakukan pemusnahan barang bukti di Kejari Bandarlampung.

Dia melanjutkan 469 item yang dimusnahkan tersebut di antltaranya sabu seberat 98,218 gram, ganja 484,4022 gram, ekstasi 9,5273 gram, tembakau gorila, kosmetik, obat berbagai merek, oli palsu, minuman oplosan, ponsel, dan pakaian. “Pemusnahan kita lakukan dengan berbagai cara. Untuk narkotika kita musnahkan dengan cara di blender dan barang bukti lainnya kita lakukan pembakaran di sebuah tong,” kata dia.

Ditta menambahkan jika di rupiahkan, barang bukti yang telah dikusnahkan tersebut mencapai ratusan juta lebih. Untuk barang bukti yang terbanyak dimusnahkan yakni narkotika jenis sabu. “Kita lihat tadi, masih tingginya narkotika di Bandarlampung ini. Tadi yang kita musnahkan terbanyak adalah sabu disusul dengan ekstasi, dan ganja,” kata dia lagi.

Lanjut Ditta, atensi dari Kajari Bandarlampung, pemusnahan selanjutnya akan dilaksanakan dalam waktu tri wulan atau dalam waktu selama tiga bulan ke depan. Ia berharap dengan adanya pemusnahan tersebut, tindak pidana khusususnya narkotika di Bandarlampung akan berkurang. Selain itu pula, para pelaku tindak pidana akan sadar betapa bahanya narkotika bagi kesehatan dan masa depan.

BACA JUGA:  Kapolda Lampung Hadiri Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76

“Rencananya pusnahan barang bukti seperti ini akan kita lakukan setiap tiga bulan terakhir. Mudah-mudahan sinergi kejaksaan bersama penagak hukum lainnya dapat memperkecil angka tindak pidana narkotika di Bandarlampung,” kata Kasi Barang Bukti dan Barang Sitaan Negara Kejari Bandarlampung.

  • Bagikan