Tahun Ajaran Baru Segera Tiba, Kenali Risiko Penghambat Persiapan Dana Pendidikan Anak

# Dilihat: 40 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Jakarta —

Menjelang tahun ajaran baru, dana pendidikan merupakan salah satu hal terpenting yang perlu dipersiapkan. Walaupun tren kesadaran orangtua untuk menyiapkan dana pendidikan anak kian meningkat, faktanya biaya pendidikan yang diperlukan juga semakin meningkat.

Oleh karena itu, persoalan menyiapkan pendidikan tidak hanya sekadar memilih institusi pendidikan yang sesuai dengan karakter anak, namun perlu diimbangi dengan kemampuan finansial agar tidak mengganggu aspek finansial keluarga lainnya termasuk memperhitungkan faktor risiko yang bisa menghambat persiapan dana pendidikan anak.

Menyambut tahun ajaran baru yang akan dimulai pada Bulan Juli mendatang, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) mengajak masyarakat untuk mengenali sejumlah risiko yang bisa menghambat persiapan dana pendidikan anak.

Windy Riswantyo selaku VP, Head of Marketing dan Branding and Digital Channel Astra Life mengatakan,Dana pendidikan bisa mencakup persiapan jangka pendek yang dianggarkan setiap tahun ajaran baru, maupun persiapan jangka panjang seperti untuk dana masuk pergururan tinggi.

Keduanya memiliki risiko yang perlu untuk diantisipasi dengan baik agar tidak mengganggu kestabilan finansial dan berdampak pada persiapan dana pendidikan anak.

Berikut ini adalah beberapa risiko yang kerap kali menjadi hambatan dalam menyiapkan dana pendidikan anak secara optimal: Risiko Perencanaan Pendidikan yang kurang matang saat memutuskan untuk menikah dan memiliki anak, dana pendidikan anak adalah hal yang penting untuk diperhitungkan dan disepakati bersama pasangan.

Penghitungan ini meliputi besaran biaya pendidikan anak mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi yang nantinya akan dialokasikan secara rutin. Pastikan perencanaan alokasi biaya sudah dipertimbangkan, termasuk memilih sekolah mana yang tepat.

Tidak ada salahnya mencari tahu lebih awal besaran biaya iuran sekolah, biaya kursus, bahkan hingga biaya membeli keperluan sekolah seperti seragam, buku pelajaran, hingga estimasi biaya yang diperlukan untuk transportasi ke sekolah. Selain itu, perlu diantisipasi juga biaya pendidikan yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan, karena semakin tinggi tingkatan pendidikannya, maka biaya yang dipersiapkan juga

BACA JUGA:  Personel Kodim 0410/KBL Laksanakan Kegiatan Patroli Siang di Bandarlampung