Dukung Ketahanan Pangan, Personil Koramil 410-02/TBS Lakukan Perawatan Tanaman Jagung

# Dilihat: 218 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandarlampung —

Dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan pangan serta mencegah krisis pangan, Kodim 0410/KBL memanfaatkan lahan-lahan kosong (tidur) untuk dijadikan sebagai tempat melakukan cocok tanam atau berkebun.

Seperti di Wilayah Koramil 410-02/TBS Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Kemiling saat ini personel Kodim di wilayah 410-02/TBS tengah melakukan perawatan terhadap pohon Jagung.

Danramil Mayor Inf Suprapto mengatakan untuk luas lahan tersebut kurang lebih 1.852 M2. Saat ini pohon Jagung sudah mencapai umur 20 hari. “Saat ini umur pahon jagung sudah menginjak 20 hari. Dan sekarang sudah pada tahap pemberian pupuk dan penyemprotan hama, “kata Danramil Mayor Inf Suprapto saat memberikan keterangan, Kamis (28/7).

BACA JUGA:  LPKA Bandar Lampung Bersama Polsek Bangunrejo Berhasil Tangkap Anak Binaan Yang Kabur

Lanjutnya, ketahanan pangan merupakan bagian dari Program ketahanan negara. “Sehingga seluruh elemen bangsa termasuk TNI wajib berperan demi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan pangan serta mencegah krisis pangan, Kodim 0410/KBL memanfaatkan lahan-lahan kosong (tidur) untuk dijadikan sebagai tempat melakukan cocok tanam atau berkebun di wilayahnya.

BACA JUGA:  Rutan Sukadana Terus Berkomitmen Pastikan Standard Dapur Higienis Terjaga

Hal tersebut dikatakan Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Faisol Izuddin saat ikut serta dan kemudikan langsung alat berat untuk membuka lahan kosong yang akan dijadikan tempat bercocok tanam di Kelurahan Campang Jaya, Bandarlampung, Kamis (7/7).

“Ya dilahan ini nantinya akan kita tanami jagung sebagai salah satu bahan pangan kita,” kata Dandim Faisol. Ia juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Intruksi Komando atas pemanfaatan lahan tidur diwilayah masing-masing.

“kegiatan kita hari ini merupakan tindak lanjut interuksi Komando atas, untuk memanfaatkan lahan tidur (kosong). Di lahan seluas dua hektar ini, akan kita manfaatkan secara maksimal dengan menanam jagung,” terangnya

BACA JUGA:  Petugas Rutan Bengkulu Berhasil Kembali Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkotika

Dirinya menjelaskan lahan kosong saat ini tahap pembersihan. Ia juga telah menginteruksikan kepada Koramil jajarannya untuk pemanfaatan lahan tidur di wilayah masing-masing.

“Alhamdulillah, Koramil jajaran kita juga melakukan hal sama dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di wilayah. Nantinya, setiap hasil bertani akan kita berikan kepada warga membutuhkan, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat,” ungkap Dandim 0410/KBL.