Kadivpas Farid Junaedi Berikan Penguatan Kepada WBP dan Petugas Lapas serta Rutan Kota Agung

# Dilihat: 153 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Lampung —

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Lampung, Farid Junaedi berikan penguatan kepada para petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotaagung serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kotaagung di Aula Besar Lapas Kotaagung.

Penguatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly yang berpesan kepada jajaran Kemenkumham untuk selalu menerapkan pola hidup sederhana, baik saat berdinas maupun bersosialisasi di lingkungan sekitar.

BACA JUGA:  Peringati HUT Ikatan Alumni SMEA Negeri 2/SMK Negeri 6 Medan, Karyawan XL Axiata Gelar Bakti Sosial

“Tanamkan rasa syukur di hati masing-masing, jangan mudah tergiur untuk mendapatkan sesuatu dengan instan apalagi pamer kemewahan demi mendapat pengakuan sesaat. Percaya kepada Sang Maha Kuasa yang sudah mengatur rezeki sejak kita belum lahir”, pesan Farid.

Adapun empat pesan utama yang disampaikan Kadivpas Lampung kepada jajaran petugas, yakni:
1) Jadikan pola hidup sederhana sebagai prinsip karena sebagai insan pengabdi kepada masyarakat harus menjadi teladan dalam perbuatan baik;
2) Pandai menempatkan diri dalam bersosialisasi di lingkungan;
3) Pahami kapasitas dan kualitas diri agar dapat selalu ditingkatkan menjadi lebih baik; dan
4) Perbanyak berdoa dan introspeksi diri.

BACA JUGA:  Tim Gabungan Direktorat Keamanan dan Ketertiban Gelar Razia Terhadap WBP Lapas Narkotika Bandar Lampung

Usai penguatan kepada petugas, seluruh WBP Lapas Kotaagung dikeluarkan dengan tertib dan dikawal petugas untuk mendengar arahan dan motivasi dari Kadivpas Lampung.

“Menjadi narapidana merupakan manusia pilihan oleh Tuhan. Mengapa demikian? Karena dengan menjadi narapidana, Tuhan masih mengizinkan kalian untuk introspeksi diri agar berhenti meninggalkan keburukan dan berubah ke arah lebih baik”, ujar Kadivpas yang bergelar Doktor tersebut.

BACA JUGA:  Lapas Kelas IIB Gunung Sugih Laksanakan Sholat Idul Adha 1444H dan Pemotongan Hewan Kurban

Menutup dengan motivasi, Farid mengingatkan pesan Rasulullah SAW mengenai manfaatkan 5 perkara sebelum 5 perkara dalam menjalani hidup: 1) Manfaatkan masa muda sebelum datang masa tua; 2) Manfaatkan masa kaya sebelum datang masa miskin; 3) Manfaatkan masa luang sebelum datang masa sempit; 4) Manfaatkan masa sehat sebelum datang masa sakit; dan 5) Manfaatkan masa hidup sebelum datang kematian. (*)