Rutan Kelas IIB Sukadana Laksanakan Razia Rutin Blok Hunian Untuk Menjaga Kondisi Keamanan dan Ketertiban

# Dilihat: 133 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Sukadana –

Dalam upaya menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas IIB Sukadana, Jajaran staf Kesatuan Pengamana Rutan (KPR) dan Regu Pengamanan melaksanakan razia rutin blok hunian. Kamis (13/7/2023).

Abi Aufa Al Qohar selaku Kepala KPR Rutan Sukadana mengatakan bahwa razia rutin ini merupakan upaya jajaran pengamanan untuk memastikan tidak ada barang-barang ilegal / terlarang beredar didalam blok hunian.

BACA JUGA:  Bangkitkan UMKM, OJK Lampung Luncurkan SCF Sebagai Alternatif Pendanaan Modal

Di sisi lain Abi berharap kegiatan razia ini dapat meminimalisir potensi gangguan keamanan dan ketertiban ( kamtib ) yang disebabkan adanya barang-barang terlarang yang dimiliki oleh warga binaan.

“Gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas/Rutan pada umumnya terjadi karena adanya kepemilikan barang-barang terlarang seperti Handpone, narkoba, senjata tajam dan berbagai barang lainnya, karena dengan adanya barang-barang tersebut dapat memicu ketidaknyamanan sesama warga binaan sehingga akan menimbulkan potensi konflik yang memungkinkan berakhir dengan perkelahian maupun kerusuhan”, Jelasnya.

BACA JUGA:  Rutan Sukadana Skrining TBC Dengan Intervensi Rontgen Dada Bagi Seluruh Warga Binaan

Rutan Sukadana saat ini per tanggal (13/7) dihuni oleh 574 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang seharusnya diisi dengan kapasitas 159 orang.

“Dengan melihat kondisi yang over kapasitas sangat memungkinkan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban, sehingga razia rutin wajib dilaksanakan dengan sungguh-sungguh”, pungkas Abi.

Sementara itu dari hasil pelaksanaan razia, Abi menyampaikan bahwa dari hasil razia ditemukan beberapa barang-barang terlarang yang dimiliki oleh warga binaan.

BACA JUGA:  Kolaborasi PLN Peduli dan YBM Tingkatkan Fasilitas Pendidikan Lewat Berbagi Keberkahan Ramadhan

‚ÄúDari hasil razia pada pagi ini, jajaran pengamanan menemukan beberapa jenis barang ilegal yang dimiliki oleh warga binaan seperti kartu kartu remi, silet gunting dan lainnya. Namun tidak ditemukan handpone maupun narkoba”, ujarnya.

Secara keseluruhan, barang-barang tersebut telah diamankan dan kondisi blok hunian aman dan tertib.