Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Terus Berkolaborasi Pastikan Distribusi Energi Sampai di Masyarakat

# Dilihat: 172 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Lampung —

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang sangat dinantikan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan bertemu keluarga. Dalam momen tersebut, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) bersama Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memastikan pelayanan serta penyaluran BBM dapat berjalan dengan lancar.

Dalam mengoptimalkan pasokan dan layanan, BPH Migas melakukan kunjungan ke Integrated Terminal (IT) Palembang pada Senin (8/4) memantau langsung di lapangan, memastikan stok BBM wilayah Sumbagsel dalam kondisi aman. Dan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga telah membuat persiapan serta antisipasi-antisipasi untuk mendukung kelancaran proses distribusi BBM.

Anggota Komite BPH Migas Abdul Halim mengatakan Pertamina telah menyiagakan beberapa layanan untuk mengatasi kendala distribusi di beberapa titik rawan macet.

“Pertamina telah menyiagakan layanan Motorist, SPBU Kios Modular, serta untuk mencegah potensi terjadinya penumpukan kendaraan saat pembelian BBM di SPBU, Pertamina juga meningkatkan pelayanan melalui penambahan jumlah operator, mengoptimalkan semua jalur pengisian BBM berfungsi dengan baik, dan menyosialisasikan pembayaran non tunai (cashless) melalui aplikasi MyPertamina agar mempercepat proses pelayanan kepada konsumen,” katanya.

Selain menyiagakan momen arus mudik lebaran, persiapan juga terus berlanjut untuk memastikan arus balik lebaran dapat berjalan dengan lancar, Menteri Perhubungan (Menhub) dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) antisipasi arus balik lebaran 2024 di Mapolda Lampung, Jumat (12/2).

BACA JUGA:  2.800 WBP Rutan Kelas I Jakarta Pusat Laksanakan Sholat Idul Adha 1444H

Menko PMK, Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya telah melaksanakan Rakor penanganan arus balik lebaran 2024.

“Ada beberapa catatan yang sudah kita tetapkan, semoga dapat berjalan dengan lancar, tidak ada halangan, tidak ada kecelakaan dan tentunya masyarakat dapat kembali ke tempat kerja semula dengan bahagia, ceria, dan penuh makna,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika menyatakan pihaknya telah menetapkan 3 kategori untuk mengantisipasi arus balik lebaran.

“Terdapat tiga kategori diantaranya Yellow, Green, dan Red. Apabila kondisi sudah masuk kategori Red, maka akan diaktifkan 5 Rest Area dan 4 Buffer Zone yang terdapat di lintas tengah maupun lintas timur,” ujarnya.

Ia juga menambahkan estimasi pemudik arus balik melalui pelabuhan Bakauheni mencapai lebih dari 150 ribu ditambah 10% karena ada kemungkinan pemudik yang pulang diwaktu bersamaan.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menyatakan bahwa secara umum stock maupun penyaluran BBM dan LPG dalam kondisi aman dan lancar.

BACA JUGA:  Gelar Rakor 2023, Tim Pembina Samsat Nasional Sepakati Sejumlah Langkah untuk Peningkatan Pelayanan

“Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk menjamin ketersediaan BBM dan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakst pada RAFI 2024” tegas Irto.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih juga menambahkan saat ini, Pertamina Patra Niaga berperan dan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan mengantisipasi hal-hal yang sifatnya tidak terduga dalam pergerakan masyarakat selama masa arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

“Sebagai antisipasi pergerakan masyarakat ini, Pertamina Patra Niaga menyiagakan sejumlah fasilitas dan layanan untuk melayani masyarakat selama arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini. Layanan yang disiapkan antara lain berupa layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 87 SPBU Siaga, 5.540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 7 Unit Kiosk Pertamina Siaga, 18 Unit Motorist, dan 16 Unit Mobil Tanki standby,” tambah Zibali.

Pertamina mencatat, Selama masa Satgas Rafi, untuk wilayah di wilayah Sumbagsel menunjukkan peningkatan signifikan, produk Pertamax Series dan Dex Series yang menjadi primadona selama arus mudik 2024. Untuk produk Pertamax mengalami peningkatan mencapai 36% dari rata-rata normal dan Pertamax Turbo sekitar 17%. Sedangkan pada produk Dex Series, BBM jenis Dexlite mengalami peningkatan mencapai 9% dan Pertamina Dex sekitar 23% dari rata-rata normal.

BACA JUGA:  Berkomitmen Dalam Berantas Halinar, Seluruh Jajaran Petugas Lapas Cibinong Gelar Apel Deklarasi Zero Halinar

Untuk provinsi Lampung, khusus untuk konsumsi LPG 3 kg telah dilakukan penambahan pasokan sebanyak 554.000 tabung atau 220% dari alokasi harian. Selain itu, untuk menjaga ketahanan stok di masyarakat dilakukan operasional pada tanggal 7 April dan 11 April 2024. Dan melalui sinergi bersama Pemerintah Daerah (Pemda) dilakukan Operasi Pasar dan Pasar Murah.

“Pertamina Sumbagsel menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat atas pilihan BBM yang berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series untuk mesin kendaraannya selama perjalanan mudik,” tambahnya.

Selain itu, Pertamina terus menghimbau agar masyarakat tetap membeli BBM sesuai peruntukan dan kebutuhan. Kepada pemudik agar memilih BBM yang berkualitas agar perjalanan selama mudik menjadi lebih nyaman, mesin kendaraan lebih awet, serta menggunakan metode pembayaran nontunai atau cashless agar pelayanan dapat lebih efisien. 

“Kami juga mengimbau agar masyarakat menggunakan pembayaran cashless untuk pembelian BBM, supaya transaksi lebih cepat dan aman, serta tidak membuat antrian di SPBU menjadi lebih panjang karena proses pembayaran yang lebih efisien,” tutupnya.