2.284 Pendaftar SMMPTN Barat Pilih Itera, 559 Orang Ikuti Ujian Hari Ini

# Dilihat: 150 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Lampung —

Sebanyak 2.284 calon mahasiswa memilih Institut Teknologi Sumatera (Itera) dalam Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) tahun 2024. Jumlah pendaftar tersebut terdiri dari pendaftar pilihan 1 sebanyak 626 orang, pilihan 2 (598 pendaftar), pilihan 3 (533 pendaftar) dan pilihan 4 (527 pendaftar).

Dari total pendaftar SMMPTN Barat yang memilih Itera, sebanyak 559 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di kampus Itera, Kamis, 27 Juni 2024. Ujian berlangsung tertib dengan pengawasan ketat oleh 36 orang tim pengawas dari Itera. Pelaksanaan ujian dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 1 dan 3 Itera.

Sebelum memasuki ruang ujian, para peserta menjalani pemeriksaan identitas lengkap, dan melewati pengecekan tubuh, menggunakan metal detector. Turut meninjau pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat, Kepala Bagian Akademik dan Umum Itera, Pujiono, S.Sos., M.M., Ketua Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera, Dr. Abdul Rajak, M.Si., didampingi penangungjawab lokasi UTBK, Dr. Eka Nurfani, S.Si., M.Si., dan tim Sosialisasi dan Promosi SMMPTN Barat, Andre Febrianto, S.Kom., M.Eng.

BACA JUGA:  Pimpin Apel Pagi, Kadivpas Maluku Berpesan Bangun Komunikasi dan Laporkan Segala Bentuk Atensi Pada Kesempatan Pertama

Tim Sosialisasi dan Promosi SMMPTN Barat yang juga dosen Itera, Andre Febrianto, S.Kom., M.Eng., menyebutkan, dari total 559 peserta yang mengikuti UTBK di kampus Itera, mayoritas berasal dari Provinsi Lampung, yaitu sebanyak 395 peserta, disusul Sumatera Selatan (115 peserta), Jawa Barat (14 peserta), Banten (7 peserta), dan DKI Jakarta dan Jawa Tengah (masing-masing 5 peserta).

Sementara Ketua Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Dr. Abdul Rajak, M.Si., menyampaikan, dalam SMMPTN Barat tahun ini, Itera membuka kesempatan calon mahasiswa untuk memilih 41 program studi, dengan total daya tampung sebanyak 227 calon mahasiswa baru, khusus dari jalur SMMPTN Barat. Dari seluruh prodi di Itera, lima prodi dengan peminat terbanyak dalam SMMPTN Barat tahun ini yaitu Prodi Farmasi 291 orang pendaftar, Teknik Pertambangan 259 pendaftar, Teknik Informatika 200 pendaftar, Teknik Sipil 146 pendaftar, dan Teknik Industri 114 pendaftar.

BACA JUGA:  Dukung Pemulihan Sektor Otomotif, Astra Lampung Terus Meningkatkan Pelayanan Pasca Pandemi

Dengan jumlah pendaftar yang cukup besar, meski kuota yang terbatas, Dr. Abdul Rajak berharap jalur SMMPTN Barat Itera dapat menjaring calon mahasiswa terbaik untuk masing-masing prodi.

Meski demikian, bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lolos dalam SMMPTN Barat, Dr. Abdul Rajak menyebut, Itera masih membuka kesempatan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Terpadu Itera, yang terdiri dari jalur Mandiri Prestasi Khusus, bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang olimpiade, olahraga, hafiz Qur’an, kesenian, pramuka, bahasa dan sastra, paskibraka, keagamaan, hingga duta atau muli mengkhanai.

BACA JUGA:  Disambut Hangat Danlanud H. AS Hanandjoedin, Kalapas Gowim Mahali Menjalin Silaturahmi dan Perkuat Sinergitas

Selain itu, SMT Itera juga membuka jalur Seleksi Mandiri Berdasarkan Nilai Rapor (syarat : pernah ikut jalur SNBP dan tidak lolos), serta jalur Seleksi Mandiri Berdasarkan Nilai UTBK SNBT (syarat : pernah ikut jalur SNBT dan tidak lolos). Para peserta yang akan mengikuti Seleksi Mandiri Terpadu Itera cukup mendaftar melalui laman https://smt.itera.ac.id/ dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000, dibayarkan melalui Bank BSI dengan nomor Rekening : 7252977702 (a/n Unit Penerimaan Mahasiswa Baru). Informasi selengkapnya jalur Seleksi Mandiri Terpadu Itera dapat mengakses laman pmb.itera.ac.id atau smt.itera.ac.id. (*)