Komunitas Baca UPT Perpustakaan Gelar Pertemuan Perdana Susun Progja 2024

# Dilihat: 132 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Lampung —

Anggota Komunitas Baca UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) tahun 2024 mengadakan pertemuan perdana dengan perwakilan pembina Komunitas Baca UPT Perpustakaan Unila, di ruang litbang dan kerja sama setempat, Jumat, 28 Juni 2024.

Pertemuan ini membahas pembentukan struktur organisasi Komunitas Baca UPT Perpustakaan Unila, rencana program kerja komunitas baca selama satu tahun, dan jadwal kegiatan UPT Perpustakaan Unila.

Perwakilan pembina komunitas baca Novi Efriza, S.I.Pust., menyampaikan, kegiatan di Komunitas Baca UPT Perpustakaan Unila akan dimulai dengan pembentukan struktur organisasi komunitas.

BACA JUGA:  Koperasi Pengayoman Rutan Kelas IIB Krui Gelar Rapat Anggota

Setelah struktur organisasi terbentuk, para pengurus bersama anggotanya menentukan konsep kegiatan yang akan menjadi program kerja satu tahun ke depan.

Salah satu pembina komunitas baca lainnya, Angelino Vinanti Sonjaya, S.I.Pust., menawarkan konsep kegiatan seperti diskusi buku dan baca buku bersama.

Pada tahap awal, kegiatan ini akan dilakukan secara rutin oleh anggota komunitas. Setelah itu, komunitas baca dapat melibatkan mahasiswa Unila dari luar komunitas untuk aktif dalam berbagai kegiatan.

BACA JUGA:  Keluarga Besar IKL Medan Salurkan Donasi Untuk Korban Banjir di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

“Kita bisa mulai dari para anggota komunitas yang melakukan kegiatan secara rutin. Nantinya, kegiatan inilah yang akan menarik perhatian mahasiswa lain untuk bergabung dalam kegiatan komunitas kalian. Bahkan, pihak luar juga bisa diajak berkolaborasi dan bekerja sama,” ujar Angelino.

Selain membuat program kerja, Komunitas Baca UPT Perpustakaan Unila akan terlibat dalam berbagai kegiatan seperti Literasi Bergerak, KPDI Ke-15, pelatihan public speaking, dan orientasi mahasiswa baru.

Dalam sesi diskusi, Daniatul Firdausy dan Intan Aulia, mewakili komunitas baca, menyampaikan ide-ide kegiatan yang dapat dilakukan komunitas baca. Kegiatan ini akan dituangkan dalam proposal kegiatan dan dikonsultasikan dengan para pembina komunitas baca.

BACA JUGA:  Membangun Kesadaran Hukum Masyarakat Melalui Desa Sadar Hukum, Kakanwil Sorta Bincang Santai di RRI Lampung

Pertemuan diharapkan dapat merealisasikan peran komunitas baca di perguruan tinggi sebagai agen literasi yang mendorong peningkatan literasi di lingkungan kampus.

Kehadiran komunitas baca juga akan mendukung peran perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan (center of knowledge) di perguruan tinggi. (*)