Pelindo Regional 2 Panjang Gelar Ceremony Fasilitasi Ekspor Perdana Getah Damar ke Negara Ethiopia

# Dilihat: 187 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Lampung —

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Panjang melakukan pelepasan Ekspor Perdana UMKM CV Indonesian Commodity untuk produk getah damar asal Provinsi Lampung dengan tujuan ke negara Ethiopia, Rabu (03/07/2024)

General Manager Pelindo Regional 2 Panjang, Imam Rahmiyadi menjelaskan, melalui CV Indonesian Commodity sebagai perusahaan Pemilik Barang yang berhasil mengekspor getah damar sebanyak 52 Ton dengan nilai ekspor sebesar 118.000 USD yang dimuat dalam kontainer yang sebelumnya akan dikirim ke Tanjung Priok, Jakarta.

Kegiatan ceremony Ekspor yang diinisiasi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Lampung ini untuk selanjutnya secara berkelanjutan akan dikirim ke enam negara tujuan meliputi Yaman, Tunisa, Sudan, Arab saudi, Singapura dan Yunani.

BACA JUGA:  Rutan Kelas I Bandar Lampung Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445H

Dalam sambutannya PJ Gubernur Provinsi Lampung yang diwakili Asisten Administrasi Umum Senen Mustakim ini mengatakan Potensi ekspor komoditas pertanian dari subsektor kehutanan menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, salah satunya getah damar (shorea javanica) asal Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, yang mampu menembus enam Negara.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dan berkontribusi terhadap pencapaian yang diraih oleh Provnsi Lampung, melalui ekspor hasil Bumi yang mendorong UMKM untuk dapat produktif melakukan kegiatan perdagangan yang selama ini menjadi komuditas-komuditas unggulan Provinsi Lampung,” tutur Imam Rahmiyadi.

BACA JUGA:  Kenang Pahlawan, Kepala LPKA Kelas I Palembang Ikuti Upacara Tabur Bunga Peringati Bhakti Pemasyarakatan ke-60

Pemerintah Provinsi Lampung bersama Forkopimda dan stakeholder terkait akan terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan perdagangan untuk kemajuan perekonomian Provinsi Lampung. Dikesempatan yang sama General Manager Pelindo Regional 2 Panjang menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah mensukseskan kegiatan Ekspor Perdana getah damar melalui Pelabuhan Regional 2 Panjang ini.

“Selaku Operator Pelabuhan dan sebagai pintu gerbang ekonomi Provinsi Lampung, kami berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan dalam hal peningkatan kualitas layanan baik kegiatan ekspor maupun impor, produktivitas kerja, kinerja yang Iebih efektif dan efisien. Dalam mendukung komitmen pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros Maritim Dunia. Dan kami akan selalu melakukan evaluasi terhadap layanan yang kami berikan kapada pengguna jasa.

BACA JUGA:  Evaluasi Penanganan Covid-19 di Jambi, Kapolri Ingatkan Penurunan Level PPKM dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Kegiatan tersebut dihadiri Pj. Gubernur Provinsi Lampung, Kapolda Lampung, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Kepala KSOP Kelas 1 Panjang, General Manager Pelindo Regional 2 Panjang, Kepala OJK Lampung, Kepala Bank Indonesia Lampung, Kepala KPP Bea & Cukai TMP B Bandar Lampung, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Bandar Lampung, Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Lampung, Ketua Kadin Lampung, Ketua DPD Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia (GPEI) Lampung dan stakeholder maritim Pelabuhan Regional 2 Panjang lainnya.