Lapas Tanjungpandan Gadeng Dinas Perikanan Belitung Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Tawar Bagi Warga Binaan

# Dilihat: 297 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Belitung —

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung menggelar pelatihan budidaya perikanan air tawar yang diikuti sebanyak 20 orang warga binaan, Senin (08/07).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri menjelaskan akan selalu mendukung berbagai program pembinaan yang dilaksanakan oleh Lapas Tanjungpandan, khususnya pembinaan keterampilan dalam bidang perikanan.

Pada dasarnya, tujuan dilaksanakan pelatihan budidaya Ikan Air Tawar ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan cara–cara budidaya ikan yang baik. Aspek yang di tekankan adalah jaminan keamanan pangan dari kegiatan budidaya ikan dengan memperhatikan sanitasi, pemilihan benih, tekhnik pengembang biakan pemberian pakan, penggunaan obat ikan dan bahan kimia serta biologis.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Djunaidi Membuka Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek e-KPB, Ajak Mahasiswa Membangun Desa Melalui Berbagai Program Pemerintah

Sehingga, diharapkan setelah dilaksanakan pelatihan tersebut maka hasil dari bantuan yang diberikan dapat dikembangkan sebagai pembinaan Life Skill berkelanjutan bagi warga binaan. “Kolaborasi Dinas Perikanan Kabupaten Belitung dengan Lapas Tanjungpandan telah terjalin dengan baik selama ini dan seperti biasanya kami akan memberikan materi baik teori maupun praktek serta penilaian atas kemampuan peserta,” jelasnya.

BACA JUGA:  KPK Titipkan Barang Sitaan Negara Terkait Kasus Korupsi Lampung Utara di Rupbasan Bandarlampung

Sementara itu Plh. Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, Hardiansyah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Perikanan Kabupaten Belitung yang selama ini telah membantu Lapas Tanjungpandan dalam pelaksanaan program pembinaan kemandirian bagi para warga binaan.

Hardiansyah juga berpesan kepada seluruh peserta pelatihan untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, agar mendapatkan ilmu yang berguna dan kelak menjadi insan yang berkualitas, produktif, mandiri serta berguna bagi diri, keluarga, bangsa, dan negara.

BACA JUGA:  Curi Motor Modus COD Beli HP, Resedivis Curanmor di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

Pembukaan pelatihan perikanan ini juga ditandai dengan melakukan penebaran benih ikan nila oleh Kepala Dinas Perikanan dan Plh Kalapas Bersama Warga Binaan di Kolam Pemeliharaan sekitar Blok Hunian Lapas Tanjungpandan.