Kegiatan Klinik Pancasila dan Razia insidentil di Rutan Kotabumi

# Dilihat: 51 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Kotabumi –

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kotabumi melaksanakan Pembinaan melalui Klinik Pancasila dan Razia Insidentil. Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kotabumi melakukan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui Klinik Pancasila khususnya pemahaman tentang kewarganegaraan.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kotabumi, Mukhlisin Fardi menjelaskan, Klinik Pancasila merupakan bagian dari program pengembangan kepribadian Warga Binaan Pemasyarakatan yang bertujuan menjadi wadah konsultasi tentang kewarganegaraan, potensi-potensi yang positif jadi warga negara yang baik yang mengerti Pancasila serta dapat mengamalkan nilai-nilai dikehidupan sehari-hari,” tuturnya

Karutan menyatakan harapan dari Klinik Pancasila ini ketika Warga Binaan Pemasyarakatan bebas menjalani hukuman dapat kembali kemasyarakat dan mereka mampu mengamalkan nilai- nilai dari Pancasila. “Hari ini juga kami melakukan razia insidentil pada kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan sebagai upaya deteksi dini terhadap barang-barang terlarang yang dapat menimbulkan gangguan keamanan serta ketertiban,” ungkapnya.

Razia ini merupakan instruksi langsung dari Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Lampung (Farid Junaedi) untuk mencegah serta menjadi komitmen untuk kami Petugas Pemasyarakatan perang terhadap HALINAR”, tuturnya. Kepala pengamanan Rutan, Ade Candra Irawan menyampaikan, “Ya hari ini kita melakukan Razia terhadap kamar-kamar hunian yang dicurigai dan kita lakukan secara insidentil agar jika mereka menyembunyikan barang-barang terlarang tidak ada waktu untuk menyimpannya”, jelasnya.

Sambungnya,”Ya Alhamdulilah razia hari ini kita tidak mendapatkan barang-barang terlarang berarti, seluruh warga binaan serta petugas di rutan kotabumi tetap dan terus berkomitmen serta konsisten perang dengan HALINAR jika dilain waktu ada Petugas Pemasyarakatan bermain-main dengan Narkoba maka akan kita berikan sanksi yang berat sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya.

Salah satu staf Pengamanan (Ifa) menyampaikan “barang-barang yang kita dapat dari Razia ini berupa sendok, kaleng, kartu remi, alat cukur,gasper dan kartu domino”,jelasnya. “Ya razia seperti ini sering kali dilakukan secara mendadak di Rutan Kotabumi agar dapat selalu Waspada Jangan-Jangan terhadap gangguan keamanan serta dapat mendeteksi secara dini gangguan keamanan dan ketertiban”,ungkapnya.

BACA JUGA:  Jaga Imun Tubuh, Danrem 043/Gatam Ajak Dan/Ka Satdisjan Olah Raga Bersama

Salah satu komandan jaga yang enggan disebutkan namanya,” kegiatan razia seperti ini tentu sangat bermanfaat untuk kami Petugas Jaga, karena dapat membuat keadaan atau barang–barang terlarang tidak dapat masuk ke area kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan,” tutupnya. (Red)

  • Bagikan