Kemenkumham Jabar Meraih 3 Penghargaan Dalam Pembukaan Rakor Pengawasan Inspektorat Jenderal

# Dilihat: 53 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Jakarta –

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dalam hal ini Kepala Kantor Wilayah, Sudjonggo, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Taufiqurrakhman, Kepala Divisi Keimigrasian, Heru Tjondro, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Heriyanto, dan PLT. Kepala Divisi Administrasi, Eva Gantini, hari ini (Rabu, 03/11/2021) memenuhi undangan untuk hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI dalam Rangka Mengawal Kinerja Semakin BerAkhlak Tahun 2021 bertempat di Auditorium Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Berbeda dengan Kakanwil yang hadir langsung, Kadivpas, Kadivim, Kadivyankum, dan Plt Kadivmin menghadiri acara ini secara Virtual dari Ruang Kerja masing-masing dikarenakan penyesuaian dengan Protokol Kesehatan Covid-19 mengingat penyebaran Pandemi ini terutama didaerah Ibu Kota masih belum mengalami penurunan yang signifikan.

Didalam kegiatan Rakor Pengawasan Kinerja oleh Inspektorat Jenderal yang dihadiri oleh Menteri, Wakil Menteri, dan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kemenkumham RI ini juga turut diagendakan Pemberian Penghargaan kepada Kantor Wilayah dan Satuan Kerja oleh Kementerian dengan beberapa Kategori yang terkait dan dikelolo oleh Inspektorat Jenderal.

Kegiatan diawali dengan Laporan dari Inspektur Jenderal, Razilu, yang melaporkan, “Tujuan Rakorwas ini adalah sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan menyamakan persepsi seluruh satuan kerja dalam berbagai aspek, peserta rakorwas akan memperoleh beragam pengetahuan dan informasi dari pakar dibidangnya terkait dengan evaluasi ZI menuju WBK dan WBBM, Pengadaan barang dan jasa di masa Pandemi Covid-19, dan Mekanisme Penjatuhan Hukdis sesuai dengan PP terbaru PP no. 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin PNS.” Lapor Irjen Kemenkumham ini.

“Melalui Rakorwas ini kami berharap dapat memberi nilai tambah yang signifikan secara pengetahuan sehingga dapat berkontribusi positif untuk mereduksi penyimpangan yang terjadi bahkan mewujudkan zero penyimpangan, zero pengaduan, dan bahkan zero penyimpangan. Inspektorat kemenkumham RI genap berusia 50 Tahun, bagi organisasi berusia 50 Tahun ini menunjukan telah ada kematangan, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pendahulu Inspektorat Jenderal atas segala kontribusinya sehingga Inspektorat Jenderal bertransformasi seperti saat ini.” Pungkasnya.

BACA JUGA:  Kontribusi BTS Baru, Pemilik Outlet Arlami Cell Bersyukur Omzet Penjualan di Tumijajar Terus Meningkat

Setelah Laporan dari Irjen Razilu dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan kepada Inspektur Jenderal Terdahulu dari masa ke masa, diantaranya hadir Irjen Ke-1, Ke-11, Ke-12, Ke-13, dan Ke-14, dilanjutkan pemberian penghargaan kepada Mitra kerja dan Satuan Kerja Kementerian Hukum dan HAM RI oleh Menkumham, yang diantaranya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, dalam hal ini oleh Kakanwil Sudjonggo yang menerima Penghargaan atas Raihan Satuan Kerja Binaan yang telah memperoleh Predikat WBK dan WBMM.

Kemudian setelah Pemberian Penghargaan dilanjutkan dengan Sambutan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, disampaikan bahwa, “Inspektorat Jenderal memiliki peranan penting dalam mengawal kinerja sebuah organisasi, termasuk bagi Kementerian Hukum dan HAM. Untuk itu, Itjen perlu mengoptimalkan fungsi Quality Assurance, Consulting, dan menjadi Strategic Partner dalam mengawal kinerja. Tujuannya untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan negara, memperbaiki tata kelola pemerintahan, dan pengendalian atas risiko.” Ungkap Menkumham RI.

“Harapan saya ketika itu kepada Saudara Razilu adalah pastikan bahwa kompetensi dan integritas aparatur pengawas internal Kementerian Hukum dan HAM mampu mengawal, mendampingi, dan mendorong peningkatan kinerja Kementerian Hukum dan HAM, serta menjadi problem solver untuk permasalahan yang dihadapi oleh satuan kerja. Hal lainnya yang saya instruksikan ketika itu adalah perbaiki kompetensi dan integritas para auditor sehingga kedepannya mampu memperbaiki kualitas hasil audit, review, dan evaluasi, yang pada akhirnya fungsi quality assurance dapat berkualitas dan berdampak positif bagi kemajuan Kementerian Hukum dan HAM.” Jelasnya.

Resmi dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Kegiatan Rakorwas yang rencananya dilaksanakan 2 hari ini mengawali kegiatan dengan Pembacaan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada pihak yang telah mendukung kinerja Inspektorat Jenderal untu Unit Kerja dengan beberapa Kategori, diantaranya Kanwil Kemenkumham Jabar memperoleh, Juara I Kanwil Terbaik Pembinaan Satuan Kerja Menuju WBK/WBBM 2020 Kategori A, Juara II Kanwil Terbaik Partisipasi Responden Terbanyak Dalam Survei PMPI Tahun 2021, dan Juara III Kanwil Terbaik dalam Pelaporan E-LHKASN 2020 Kategori A, yang mana pembacaan penghargaan tersebut menutup rangkaian Pembukaan Kegiatan Rakorwas Inspektorat Jenderal ini. (Red)

BACA JUGA:  Dua Petugas Patroli JTTS Tewas Akibat Kecelakaan di Ruas Tol
  • Bagikan