Ciptakan Lapas Kalianda Aman dan Tertib, Petugas Roling Gembok dan Cek Teralis Kamar Hunian WBP

# Dilihat: 149 pengunjung

Betiklampung.com, Kalianda —

Tim Satops Patnal Lapas Kalianda melakukan Deteksi Dini dengan melakukan Giat Roling Gembok dan Cek Teralis Blok Kamar Hunian Lapas Kalianda, Senin (24/1).

Dalam kegiatan, Petugas menggunakan cara-cara persuasi yang humanis kepada Warga Binaan, sehingga kegiatan berlangsung aman dan kondusif sampai dengan selesainya kegiatan.

Kegiatan pengecekan teralis dilakukan oleh petugas dengan menyusuri kamar hunian secara satu persatu. Dimulai dari teralis luar, dalam, maupun teralis bagian atap bagian dalam dan luar kamar hunian.

BACA JUGA:  Gubernur Lampung Luncurkan Warung Sehat di Desa Raman Endra Kabupaten Lampung Timur

Sedangkan kegiatan Roling Gembok Blok Hunian Warga Binaan dilakukan dengan mengumpulkan Gembok di kamar hunian, lalu dicek kualitas gembok, apabila ada yg rusak, maka diganti dengan gembok baru.

Kemudian gembok yang telah siap diputar dan diacak lalu dipasangkan kembali ke pintu kamar hunian Warga Binaan.

Kepala Lapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie yang ditemui usai kegiatan, menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya pihaknya dalam melakukan Deteksi Dini mencegah adanya Gangguan Keamanan dan Ketertiban.

BACA JUGA:  Mengoptimalkan Peran Perawat Lapas Ciamis Dalam Pelayanan Kesehatan Kepada Warga Binaan

“Hari ini Alhamdulillah telah dilakukan kegiatan Roling Gembok dan Pengecekan Teralis seluruh Blok Hunian dengan aman dan kondusif,” tutur Kalapas Kalianda.

“Giat ini merupakan ikhtiar kami dengan melakukan deteksi dini, yang fungsinya adalah untuk mencegah adanya gangguan kamtib, dengan mencegah gangguan kamtib yaitu terjadinya pelarian dari dalam kamar hunian,” tutup Kalapas.

BACA JUGA:  Babinsa Koramil 410-03/TBU Pimpin Upacara di SD Negeri 3 Keteguhan

Dirinya menyebutkan bahwa dalam kegiatan pengecekan teralis tak ditemukan teralis yang rusak, yang berpotensi menyebabkan adanya Gangguan Kamtib.

“Alhamdulillah Tim kami tak menemukan adanya teralis rusak yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtib. Sedangkan untuk gembok yang kondisinya kurang baik sudah ditukar dengan gembok yang baru,” tutup Kalapas Kalianda.