Jelang Bulan Suci Ramadhan, Kemenkumham Jabar Beri Siraman Rohani Kepada Pegawai

# Dilihat: 150 pengunjung

Betiklampung.com, Bandung –

Menjelang tibanya bulan suci Ramadhan dalam hitungan hari ke depan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kanwil Kemenkumham Jabar) menyelenggarakan kegiatan Siraman Rohani dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan bersama dengan para pegawai Kemenkumham Jabar di aula Soepomo, Kanwil Jabar, pada siang hari ini (Kamis, 31/03/2022).

Kegiatan dibuka dengan ceramah rohani oleh Ustad Sofyan Yahya dari ILQ. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan mengenai amal – amal di bulan Ramadhan. Ada tiga golongan orang dalam menyambut bulan Ramadhan, pertama adalah mereka yang bergembira atas tibanya Ramadhan sehingga Allah haramkan jenasah mereka menyentuh api neraka, kedua adalah mereka yang merasa biasa – biasa saja dalam bulan Ramadhan sehingga mereka tidak mendapat kebaikan apapun, dan ketiga adalah mereka yang menganggap bulan Ramadhan sebagai beban sehingga bukan hanya tidak mendapat kebaikan tetapi juga menjadi tertinggal.

BACA JUGA:  Kakanwil Kemenkumham Lampung Tekankan Pentingnya Kesehatan Mental Dalam Rehabilitasi Warga Binaan

Dalam ceramahnya Ustad Sofyan mengajak para pegawai Kemenkumham Jabar yang hadir di aula untuk mempersiapkan diri mereka dalam menyambut bulan suci ini. Pertama Sofyan menganjurkan hadirin untuk memperbanyak doa karena tidak semua orang bisa menjalani bulan Ramadhan. Kedua beliau menganjurkan untuk memperbanyak istighfar dan meminta maaf untuk menghapus dosa. Ketiga dianjurkan untuk membiasakan diri dalam kebaikan. Keempat Sofyan menganjurkan untuk menjadikan bulan Ramadhan yang kita jalani sebagai bulan suci terbaik. Kelima dianjurkan untuk mempersiapkan ilmu dalam menjalani bulan Ramadhan.

BACA JUGA:  Kemenkumham Jabar Matangkan Persiapan Pelaksanaan SKD Catar Poltekip dan Poltekim 2022

Kepala Kantor Wilayah Sudjonggo melanjutkan acara dengan penyampaian beberapa patah kata. Terkait lomba Tik Tok Challenge yang diselenggarakan oleh Kemenkumham Jabar, beliau mengapresiasi antusiasme dan keberanian para pegawai Kemenkumham Jabar untuk tampil beda dalam berkarya dalam lomba kali ini. Melalui momentum dari lomba TikTok Challenge ini diharapkan bisa memberikan gambaran positif terhadap lembaga Kemenkumham sehingga bisa mengubah persepsi negatif yang ada di mata masyarakat. Menutup penyampainannya Kakanwil menyampikan tiga hal penting yang membentuk hidup, “Dengan ilmu hidup kita menjadi mudah, dengan seni hidup menjadi indah dan dengan agama hidup menjadi terarah,” tutur Kakanwil Sudjonggo dalam penyampaiannya.

BACA JUGA:  Kemenkumham Jabar Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Varian Omicron Melalui Kumham Sehat Minngu Ini

Dalam giat siang hari ini selain siraman rohani juga dilaksanakan penganugrahan kepada para pemenang lomba Tik Tok Challenge yang diselenggarakan oleh Kemenkumham Jabar. Para pemenang lomba kali ini adalah tim dari Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung sebagai juara pertama, Lapas Kelas IIA Kuningan sebagai juara kedua dan Kanim Kelas 1 Non-TPI Karawang sebagai juara ketiga dalam kategori Unit Pelaksana Teknis. Sementara itu Lapas Kelas IIB Banjar memperoleh juara harapan pertama, Rupbasan Kelas I Cirebon dengan juara harapan kedua dan Lapas Kelas IIA Bogor sebagai juara harapan ketiga. Selanjutnya dalam kategori Kantor Wilayah tim Divisi Pemasyarakatan memperoleh juara pertama dengan tim PPNPN merebut juara kedua dan Subbagian Keuangan dan BMN sebagai juara ketiga.