Lapas Kotaagung Panen Ubi Jalar Putih Hasil Pertanian Warga Binaan

# Dilihat: 65 pengunjung

Betiklampung.com, Kota Agung —

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung panen ubi jalar putih pada Sabtu (16/4). Ubi jalar ini merupakan hasil pertanian dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti program pembinaan kemandirian bidang pertanian di bawah subseksi kegiatan kerja (Giatja).

Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman, menuturkan bahwa panen ubi jalar putih ini merupakan hasil dari pelatihan pertanian tanaman umbi-umbian bekerja sama dengan dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura kabupaten Tanggamus pada akhir Januari lalu.

Staf subseksi Giatja, Yanes Hamdani, selaku penanggung jawab kegiatan langsung menuju lapangan, tepatnya lahan pertanian yang berada di Kebun wilayah barat dalam lingkungan Lapas untuk mengawasi proses pemanenan tersebut. Setelah dipanen, Ubi Jalar tersebut kemudian dibawa oleh WBP ke halaman guna dibersihkan terlebih dahulu untuk kemudian dikemas untuk dipasarkan sebagai produk unggulan Napi untuk mendukung One Day One Prison’s Product dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58

Selain ubi jalar, terdapat pula berbagai jenis tanaman pertanian lain yang semuanya diolah oleh WBP mulai dari persiapan lahan, perawatan, hingga panen. Antara lain Kangkung, terung, kacang panjang, cabai, singkong, jahe dan kacang tanah.

“Alhamdulillah, tanaman ubi jalar ini adalah tanaman pertama yang ditanam dan berhasil dipanen oleh WBP setelah pelatihan diberikan di akhir Januari lalu. Kami bersyukur ini merupakan suatu berkah dari Allah SWT di bulan suci Ramadan ini” tutup Beni dalam keterangannya. (Rls)

BACA JUGA:  Kerja Sama Strategis Smartfren dan Aplikasi DANA Lahirkan Kartu Perdana Eksklusif dan Paket GOKIL COMBO untuk Generasi Digital