Kakanwil Kemenkumham Jabar : Pekerjaan Yang Kita Laksanakan Dengan Baik Merupakan Kontribusi Yang Berharga Bagi Pembangunan Bangsa dan Negara

# Dilihat: 245 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandung —

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 4 (empat) orang Notaris Pengganti Wilayah Jawa Barat siang ini (Rabu, 29/06/2022) dilakukan Kepala Kantor Wilayah Sudjonggo di Ruang Sahardjo Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat JL. Jakarta No. 27 Lt. II Bandung, didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Heriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Yayan Indriana, Kepala Divisi Administrasi Anggiat Ferdinan.

Sudjonggo dalam sambutannya menyampaikan Notaris Pengganti dalam melaksanakan jabatannya wajib bertindak objektif dan tidak memihak yang direfleksikan dengan sikap dan perilaku baik ke dalam maupun ke luar demi menjamin otentisitas dari akta-akta yang dibuatnya.

BACA JUGA:  Kepala Rutan Kotabumi Berikan Pengarahan Untuk Tingkatkan Pelayanan Serta Menjaga Keamanan dan Ketertiban

Menurutnya, Integritas pribadi dan kecakapan profesi merupakan sikap yang harus dijadikan landasan oleh notaris pengganti dalam menjalankan tugasnya. Integritas pribadi berarti memegang teguh standar profesional notaris yang tidak memihak dan jujur, sementara kecakapan profesi berarti kemampuan untuk tanggap terhadap perkembangan hukum dan masyarakat, menjunjung tinggi kepentingan umum, dan mampu menerjemahkan dan melayani kebutuhan masyarakat sebagai klien sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. 

BACA JUGA:  Kepala Rutan Kelas IIB Sukdana Mengikuti Kegiatan Diseminasi Apostille Tahun 2023

Sesuai dengan Pasal 37 ayat (1) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, bahwa notaris berkewajiban membantu secara cuma-cuma untuk mereka yang tidak mampu memberikan honorarium/fee kepada notaris. Ketentuan yang terdapat di dalam Undang-Undang Jabatan Notaris, juga berlaku terhadap notaris pengganti, termasuk Penerapan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa. 

BACA JUGA:  Presiden Resmikan Bendungan Way Sekampung

“Untuk menjadi renungan kita semua bahwa hasil pekerjaan yang kita laksanakan dengan baik, merupakan kontribusi yang berharga bagi pembangunan bangsa dan negara,” tutur Sudjonggo.