Semarakan HDKD ke-77, Kemenkumham Jabar Gelar Donor Darah Untuk Kemanusiaan

# Dilihat: 213 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandung —

Beberapa tetes darah yang di sumbangkan bisa menjadi banyak arti bagi orang lain. Manfaat donor darah ternyata tidak hanya menguntungkan bagi si penerima saja lho, tetapi juga bagi para pendonor. Berikut manfaat donor darah untuk kesehatan. Menurut Penelitian melakukan donor darah bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga mental. Ada penelitian yang mengatakan berbuat baik bisa membuat kamu hidup lebih lama.

Umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri akan bertambah empat tahun. Jadi, dengan kata lain, melakukan donor darah sama seperti mendapat pemeriksaan kesehatan gratis. Kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan kamu, bahkan mendeteksi masalah yang dapat mengindikasi kondisi medis tertentu atau faktor risiko untuk penyakit tertentu. Hal ini karena darah yang kamu donorkan juga akan diuji untuk beberapa penyakit, seperti hepatitis B, hepatitis C, HIV, Virus West Nile, dan Sipilis.

BACA JUGA:  Optimalkan Aksi HAM Daerah, Kadivyankum Alpius Sarumaha Laksanakan Koordinasi Dengan Bagian Hukum Pemkab Lampung Selatan

Dengan melakukan donor darah, tentunya akan  membantu memperlancar aliran darah, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri. Ada penelitian yang mengatakan jika rutin mendonorkan darah bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung sampai 88 persen. Serta membuat tubuh kamu jarang terkena sakit dan terhindar dari kanker, stroke, dan serangan jantung.

Dengan rutin melakukan donor darah, kamu pun bisa menjaga kadar zat besi dalam darah tetap normal. Manfaat donor darah juga meningkatkan produksi sel darah merah. Ini karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, tubuh kamu pun terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar.

BACA JUGA:  Danbrigif 4 Marinir/BS Tekanan Terhadap Kedisiplinan Prajurit Guna Kesiap Siagaan Satuan

Lebih jauh lagi, penelitian pun membuktikan berbagai manfaat donor darah terhadap kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin (dengan jarak minimal 3 bulan) yaitu :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

2. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

3. Mau turunkan Berat Badan

4. Usir Hipertensi

5. Menurunkan Risiko Kanker

6. Deteksi Penyakit Serius

7. Hidup lebih lama

BACA JUGA:  Perjuangan Gubernur Arinal Berbuah Manis, KH. Ahmad Hanafiah Resmi Sandang Gelar Pahlawan Nasional

Jelang Peringatan HDKD ke-77 pada bulan mendatang, Kemenkumham Jabar melaksanakan Kegiatan Donor Darah pada hari ini (Kamis, 28/07/2022) yang merupakan salah satu kegiatan dari Rangkaian Kegiatan Peringatan HDKD ke-77. Ini sebagai wujud dan bentuk Peduli Sesama yang ditujukan Kemenkumham Jabar dalam mengurangi beban pihak yang membutuhkan darah sebagai alat pertolongan.

Kegiatan Donor Darah di Kanwil Kemenkumham Jabar ini diikuti Pegawai Kanwil Kemenkumham Jabar dan sejumlah pegawai perwakilan dari setiap Unit Pelaksana Teknis se-Bandung Raya. Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Sudjonggo dan Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham Jabar dan dilaksanakan di Selasar Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar Jl. Jakarta No 27 Lt. II Bandung.