Peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah di Lapas Kalianda: Pengajian Warga Binaan dan Santuni Anak Yatim Piatu

# Dilihat: 183 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Kalianda —

Tahun Baru Islam merupakan hari yang penting bagi umat Islam, karena hari itu menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah.

Dalam momen peringatan tahun baru Islam ini, semua mengharapkan keberkahan dan ridho Allah SWT, agar segala sesuatu yang kita lakukan dapat bernilai ibadah

Oleh karena itu, bertempat di Masjid At Taubah Lapas Kalianda (8/8), diadakan kegiatan Pengajian Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan dalam memperingati Tahun Baru Islam.

BACA JUGA:  Wujudkan Kumham Sehat Kumham Produktif, Karutan Kotabumi Beserta Jajaran Laksanakan Senam Bersama

Kegiatan dilakukan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19 yang ketat.

Pengajian diisi oleh ceramah dari Ustad Bilal yang memberi pencerahan Agama Islam dengan tema ‘Meneladani Kisah dan Sifat Nabi Muhammad SAW’.

Dalam sambutannya, Kalapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie menuturkan bahwa kegiatan pengajian ini merupakan kegiatan bermanfaat dalam menyambut Tahun Baru Islam 1444 H .

“Peringatan hari 1 Muharam adalah peringatan hari yang spesial. Bahkan Rasulullah SAW menyebut Muharam sebagai bulan Allah karena keutamaannya. Maka mencari ridho-NYA dengan mengaji hari ini mudah-mudahan mendapat pahala berlipat dari allah SWT,” ucap Kalapas Kalianda.

BACA JUGA:  Pastikan Layanan Selama Ramadhan Berjalan Baik, Kakanwil Kemenkumham Jabar Tinjau Pemberian Makan Buka Puasa di Lapas Cianjur

Dalam ceramahnya, Ustad Bilal menerangkan bahwa kisah perjuangan Nabi Muhammad SAW merupakan kisah perjuangan dakwah Agama Islam dengan kondisi yang luar biasa di zaman itu.

“Dakwah Nabi Muhammad di zaman itu dengan kaum jahiliyah sangat luar biasa. Di saat ini, kita hanya harus menerapkan ketetapan Allah SWT, yang diturunkan melalui beliau Rasulullah Muhammad SAW,” ucap Ustad Bilal.

BACA JUGA:  Terdakwa Korupsi Penyalahgunaan APB Lampung Barat Dituntut Dua Tahun Penjara

“Maka dalam memperingati Tahun Baru Islam, carilah Ridho Allah dengan sebaik-baiknya dengan mengamalkan semua perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-NYA, karena Allah SWT Maha Luas, lagi Maha Kaya,” tutupnya.

Di tempat yang sama pada akhir kegiatan, Lapas Kalianda memberikan santunan kepada anak yatim dari Panti Asuhan Kecamatan Kalianda.