Sah ! Lapas Narkotika Laksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Dengan Rumah Sakit Advent Bandarlampung

# Dilihat: 134 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandarlampung —

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan warga binaan. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bandarlampung melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Rumah Sakit Advent Bandarlampung serta pelatihan kader kesehatan bagi warga binaan pemasyarakatan dukungan SR GF NFMc yang digelar pada, Jumat 16 September 2022.

Bertempat di ruang Aula Lapas Narkotika Bandar Lampung, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Bandarlampung, Porman Siregar bersama dr Charles Z Suoth selaku Direktur Rumah Sakit Advent Bandar Lampung serta disaksikan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Lampung, Dr. Farid Junaidi melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Pelayanan Kesehatan terhadap warga binaan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Lampung, Dr. Farid Junaidi mengatakan terima kasih kepada rumah sakit advent Bandarlampung sesuai dengan motto dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat dan kita punya pembinaan itu ada dua pembinaan kemandirian dan pembinaan kepribadian. Untuk pembinaan kepribadian ini kesehatan mental fisik spiritual kita berharap sehat fisik dan memahami tentang kesehatan

Kalapas Narkotika Kelas IIA Bandarlampung, Porman Siregar mengungkapkan bahwa Perjanjian Kerjasama ini merupakan bentuk sinergi Lapas dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas terutama bagi para warga binaan. Sebanyak 30 orang warga binaan yang terdiri dari perwakilan kamar hunian dan resident rehabilitasi sosial yang turut mengikuti kegiatan tersebut.

“Yang pertama saya berterima kasih kepada Direktur rumah sakit Advent Bandarlampung yang begitu cukup perhatian terhadap warga binaan di lapas narkotika ini saya sangat terharu karena ada salah satu rumah sakit yang peduli tentang kesehatan. Dimana kesehatan ini memang salah satu yang menjadi program kerja Lapas Nakotika Bandarlampung,” kata Porman Siregar.

BACA JUGA:  Kunjungi Kanim Kalianda, Kakanwil Kumham Lampung Tinjau Sarpras Pelayanan Keimigrasian

Kalapas berharap kedepannya warga binaan yang menjadi kader-kader kesehatan ini dapat membantu paling tidak bagi teman-teman warga binaan di dalam lapas untuk mereka memberikan sosialisasi terhadap warga binaan. Selanjutnya, ketika mereka nanti keluar bebas dari sini tentu mereka sudah mempunyai ilmu tentang kesehatan sehingga warga binaan tersebut bisa merealisasikan nanti di tengah-tengah masyarakat khususnya di keluarga dan lingkungannya sendiri.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Advent Bandar Lampung, dr Charles Z Suoth berharap dengan adanya PKS ini dapat memenuhi layanan kesehatan warga binaan di Lapas Narkotika Bandarlampung. Kegiatan ini adalah pelatihan kader kesehatan yang dilakukan rumah sakit Advent Bandarlampung kepada warga binaan. Sebenarnya umpan baliknya adalah ketika ada yang perlu memerlukan perawatan di rumah sakit maka warga binaan yang ada di sini bisa dilayani di rumah sakit Advent Bandarlampung.

“Pertama membuat pelatihan ini dalam bentuk pengkajian hidup sehat jadi ada resep-resep hidup sehat dan diharapkan semua yang mengikuti bisa mempraktikkan dulu resep-resep yang ada di dalam pengkajian tersebut kemudian itu bisa dievaluasi dalam satu bulan dua bulan sehingga skoring atau nilai itu naik,” kata dia.

“Saya sangat menyambut baik adanya hubungan kerja sama ini, karena ini merupakan komitmen kami dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan, serta bertujuan memberikan peyanan yang memuaskan, bermutu, ramah dan manusiawi kepada masyarakat, tak terkecuali WBP,” tutur Direktur Rumah Sakit Advent Bandarlampung, dr Charles Z Suoth.