Resmi Buka Tes SKD CPNS 2023 Hari Pertama, Kakanwil Sorta Pastikan Berjalan Transparan, Aman dan Tertib

# Dilihat: 184 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandarlampung —

Pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) melalui Computer Assited Test  (CAT) di wilayah Kemenkumham Lampung dimulai. Segel secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Sorta Delima L Tobing didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi M.Ikmal Idrus, Kepala Divisi Pemasyarakatan, R.B. Danang Yudiawan, Kepala Bagian Umum, Denial Arief dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian TU dan Rumah Tangga, Deni Usmansyah dengan disaksikan oleh perwakilan BKN, Muhammad Syafiq dan Perwakilan Biro Kepegawaian, Anwar Siregar serta perwakilan Ombudsman, Upi Fitriyanti. Pelaksanaan Tes SKD kali ini bertempat di Ballroom Hotel Amalia Bandarlampung, Kamis (09/11).  

Sebelum sesi pertama dimulai Kepala Kantor Wilayah, Sorta Delima L Tobing memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta tes untuk berupaya semaksimalkan mungkin, selalu berdoa, dan mengutamakan kejujuran. “Laksanakan tes dengan semangat fokus dan jujur, jangan ada kecurangan, percaya akan kemampuan diri sendiri, apabila terbukti melakukan kecurangan akan langsung didiskualifikasi” kata Sorta.

BACA JUGA:  OJK Lampung Gelar Vaksinasi Covid-19 dan Sekolah Pasar Modal serta Edukasi Desa Sadar Asuransi di Desa Inklusi Keuangan Kabupaten Lampung Selatan

Dilanjutkan dengan pembekalan oleh Ketua Koordinator BKN, Muhammad Syafiq menjelaskan bahwa pada tahun ini pelaksanaan SKD menggunakan aplikasi CAT OS dengan keamanan yang lebih mumpuni dan meminimalisir kecurangan oleh peserta. Pelaksanaan tes akan berlangsung selama 100 menit dengan total 110 soal meliputi TWK 30 Soal, TIU 35 soal, dan TKP 45 soal. Nilai kumulatif tertinggi SKD 2023 adalah 550 apabila peserta ujian berhasil mencapai nilai maksimal 150 untuk TWK, 175 untuk TIU, dan 225 untuk TKP.

BACA JUGA:  Warga Binaan Lapas Narkotika Bandarlampung Ikuti Shalat Idul Fitri 1444 H

“Kami dari Tim BKN mengharapkan peserta semuanya taat prosedur, menjungjung tinggi integritas dalam melaksanakan ujian, tetap juga tenang, dan tidak membawa alat bantu apapun saat ujian, jika terdapat kesulitan atau error pada aplikasi dapat meminta bantuan kepada panitia dengan mengangkat tangan tanpa bersuara” ujar Syafiq. 

Usai memberikan pembekalan selanjutnya Sorta berkeliling melakukan pengecekan seluruh Area Tes, dimulai dari area Pemeriksaan Dokumen, Penitipan Tas, Pemeriksaan Badan, Penerimaan PIN serta Area Steril sebelum peserta memasuki ruangan. Selain itu, Sorta berpesan kepada seluruh jajaran Panitia agar selalu terus bersemangat dalam menjalani tugas yang sedang diamanahkan yaitu sebagai Panitia Daerah. Sorta juga mengingatkan agar terus teliti namun tetap dengan sikap yang humanis pada seluruh peserta.

BACA JUGA:  Danrem 043/Gatam Hadiri Rakor Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Diketahui terdapat 1.588 orang peserta yang lulus tahap seleksi administrasi pada Wilayah Kemenkumham Lampung, pelaksanaan tes CAT berlangsung dimulai tanggal 09-18 November 2023 dengan setiap harinya dibagi menjadi 5 sesi. Pada hari ini, peserta nilai tertinggi hari ini diperoleh peserta atas nama Alzukhni Akbar Ali dengan total nilai 427 ( TWK: 70 , TIU : 155, TKP: 202 ).