All New Honda Accord Diluncurkan di Indonesia, Mengusung Mesin Hybrid, Teknologi Konektivitas Canggih dan Tampilan Sporty Khas Varian RS

# Dilihat: 132 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Jakarta —

PT Honda Prospect Motor meluncurkan All New Honda Accord RS e:HEV, sedan premium Honda yang untuk pertama kali mengusung teknologi hybrid e:HEV dan tampilan sporty khas varian RS di Jakarta, 7 Desember 2023. Tak hanya itu, generasi terbaru Honda Accord juga menghadirkan teknologi konektivitas Honda CONNECT serta berbagai fitur canggih untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.

Honda Accord pertama kali diluncurkan pada tahun 1976 di Jepang dan langsung menjadi salah satu model dengan penjualan terbesar di Jepang. Secara global, Honda Accord juga diterima baik oleh konsumen dengan total penjualan mencapai lebih dari 24 juta unit dan meraih lebih dari 300 penghargaan di seluruh dunia. Di Indonesia, Honda Accord mulai dijual pada tahun 1978, menjadi salah satu model yang paling konsisten eksis di Indonesia, dengan penjualan mencapai lebih dari 82.000 unit hingga saat ini.

All New Honda Accord generasi sebelas pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 2022 di Amerika Serikat. Sedan flagship Honda ini terlahir kembali sebagai mobil ramah lingkungan yang berteknologi canggih dengan mengusung mesin hybrid e:HEV. Di Indonesia, All New Honda Accord adalah model kedua yang mengusung teknologi @:HEV setelah All New Honda CR-V yang diluncurkan pada bulan Agustus 2023.

Teknologi e:HEV adalah sistem hybrid terbaru Honda dimana motor listrik dan mesin bensin dapat bekerja dengan saling mendukung, menciptakan pengalaman berkendara yang efisien dalam berbagai kondisi. Berbeda dengan sistem hybrid terdahulu, sistem e:HEV memiliki sistem dengan kinerja motor listrik yang lebih dominan dalam berbagai kondisi berkendara, didukung mesin bensin untuk menghasilkan tenaga lebih serta pengisian daya baterai dari sistem regenerasi daya.

Untuk pertama kalinya, All New Honda Accord RS e:HEV juga memiliki fitur terbaru EV Switch untuk mengatur tiga mode manajemen daya sesuai dengan keinginan penggunanya. Dalam mode Auto, sistem akan secara otomatis mengatur mode berkendara yang paling efektif sesuai dengan kondisi jalan maupun pengendaraan. Dalam mode EV, sistem akan sepenuhnya menggunakan daya dari motor listrik, sehingga mobil akan bekerja sepenuhnya tanpa emisi maupun konsumsi bahan bakar. Sementara mode Charge digunakan untuk mendistribusikan tenaga dari mesin bensin untuk mengisi baterai kendaraan.

All New Honda Accord tidak hanya canggih dan ramah lingkungan, tetapi juga menampilkan desain yang semakin sporty, khas varian RS yang untuk pertama kalinya hadir untuk model sedan mewah ini. Bagian depan All New Honda Accord RS e:HEV menampilkan logo Honda dengan aksen biru yang menandakan bahwa mobil ini mengusung mesin hybrid, berpadu dengan emblem RS berwarna merah yang menggambarkan karakter sporty dari varian ini.

Karakter sporty pada All New Honda Accord terlihat dari desain grille bermotif gloss-black mesh yang berpadu dengan lampu depan Full LED yang dilengkapi LED seguential turning signal. Menambah performa sporty, grill depan All New Honda Accord juga dilengkapi dengan fitur Active Grille Shutter, yang dapat mengatur aliran udara ke dalam kompartemen mesin untuk proses pendinginan yang lebih efisien.

Tampilan sporty pada All New Honda Accord dipertegas melalui penambahan berbagai RS Aero Kit dengan warna hitam pada bagian samping, depan dan belakang serta Shark Fin Antenna dan Trunk Ducktail. Pembaruan juga terlihat pada design velg sporty dengan ukuran 18”. Sementara desain bodi belakang menampilkan Full LED Tail Light dengan gaya linear yang menekankan lebar bodi, serta lampu sein LED seguential turning signal dan reflector yang menjadikan mobil semakin mewah.

BACA JUGA:  Rutan Kotabumi Bersama Disdukcapil Lampung Utara Laksanakan Perekaman NIK e-KTP dan Sinkronisasi Data Kependudukan Bagi WBP

All New Honda Accord RS e:HEV mengusung fitur konektivitas Honda CONNECT dan dilengkapi Google built-in”. Fitur Honda CONNECT memungkinkan pemilik kendaraan mengakses berbagai informasi dan fungsi penting pada mobil dari mana saja melalui aplikasi di Smartphone. Untuk pertama kalinya di Indonesia, terdapat fitur Digital Key yang disematkan pada All New Honda Accord.

Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi Honda CONNECT dimana fitur ini juga dapat menggantikan fungsi Smart Key untuk membuka dan mengunci pintu, memberikan notifikasi jika pengemudi lupa menutup pintu dan jendela bahkan mengoperasikan mobil melalui aplikasi Honda CONNECT. Google built-in” memungkinkan pengguna menggunakan perintah suara untuk meminta bantuan Google Assistant” mengaktifkan berbagai fungsi seperti navigasi, menyalakan musik, bahkan mengoperasikan mobil seperti mengontrol suhu A/C.

Sementara fitur In Car Wifi berfungsi menyediakan hotspot WiFi yang terintegrasi dengan Display Audio dan Honda CONNECT, sehingga memungkinkan konektivitas di sepanjang perjalanan. Kenyamanan berkendara dengan All New Honda Accord didukung berbagai fitur canggih di dalam kabin, termasuk Experience Selection Dial yang merupakan tombol shortcut untuk memudahkan pengoperasian berbagai fungsi dalam mobil, sekaligus menciptakan profil setting personal yang sesuai dengan keinginan pengguna.

Pada bagian dashboard mobil terdapat display audio berukuran 12.3 inchi yang mendukung konektivitas aplikasi Apple Car Play dan Android Auto secara nirkabel, TFT Meter berukuran 10.2” menampilkan berbagai informasi kendaraan, serta Head Up Display berukuran 11.5” yang memungkinkan pengemudi tetap fokus pada jalanan di depan tanpa kehilangan akses untuk informasi penting saat berkendara.

Penumpang semakin dimanjakan dengan kabin nyaman yang dilengkapi dengan Power Panoramic Sunroof, Premium Speaker BOSE yang ditempatkan di 12 titik serta Multicolor Interior Ambient Light dengan warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan dari penggunanya. Pada bagian belakang terdapat juga Rear Center Console serta Rear A/C Ventilation with Dual USB Charger Type C, Rear Side Sunshade serta Electrostatic Touch LED Light.

Dari sisi keselamatan, All New Honda Accord kini juga didukung dengan fitur keselamatan Honda SENSING yang lebih lengkap dari generasi sebelumnya. All New Honda Accord telah dilengkapi 8 SRS Airbags yang terdapat di bagian depan, sisi samping dan kini hadir Knee Airbags. Selain itu, terdapat juga Active Cornering Light yang membantu pengguna untuk melihat objek di depan saat berbelok dengan memberikan pencahayaan tambahan ke arah yang dituju.

Kotaro Shimizu, President Director PT. Honda Prospect Motor mengatakan bahwa di Indonesia, Honda Accord memiliki peran sebagai model sedan flagship yang menawarkan pengalaman berkendara terbaik dari mobil Honda, sekaligus memperkenalkan inovasi teknologi.
Kami bangga memperkenalkan All New Honda Accord sebagai perwujudan dari visi Honda untuk menghadirkan produk yang ramah lingkungan, mendukung konektivitas, serta aman untuk seluruh pengguna jalan.

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT. Honda Prospect Motor mengatakan, “All New Honda Accord dipersembahkan untuk konsumen yang menginginkan kendali penuh untuk masa depan mereka, sesuai dengan slogan produk ini, yaitu Command the Future Forward. Hal ini terwujud melalui berbagai teknologi yang memberikan kendali penuh bagi pengemudi sekaligus kenyamanan bagi seluruh penumpang. Kami percaya All New Honda Accord akan disambut baik dan meneruskan reputasi legendarisnya sebagai sedan Honda paling premium di Indonesia.”

BACA JUGA:  Rutan Kelas IIB Kotabumi Wujudkan Dapur Higienis

All New Honda Accord RS e:HEV tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl serta Ignite Red Metallic. All New Honda Accord RS e:HEV ditawarkan dengan harga Rp 959.900.000″ (Harga yang tertera adalah harga on the road wilayah Jakarta dan untuk nomor rangka tahun 2024). Urutan dipersingkat dan disimulasikan Google, Google Play, dan Google Maps adalah merek dagang Google LLC. Google Assistant hanya tersedia dalam bahasa dan di negara tertentu.

Informasi Teknis All New Honda Accord RS e:HEV Premium Sporty Exterior Design Pada bagian depan All New Honda Accord RS e:HEV terlihat logo Honda yang berwarna biru yang menandakan bahwa mobil ini telah ditenagai e:HEV. Sementara itu, kini desain eksterior kini telihat lebih sporty dengan emblem RS dimana disematkan Black RS Aero Kit pada bagian samping, depan dan belakang serta Black Shark Fin Antenna dan Black Trunk Ducktail.

Spion All New Honda Accord menggunakan Power Retractable Black Door Mirror with Auto Folding & LED Turning Signal. Lampu depan All New Honda Accord RS e:HEV menggunakan lampu Full LED Headlight with LED Seguential Turning Signal dikombinasikan dengan garis grille yang sporty untuk membuat tampilan menjadi lebih mewah, membuat kesan pada mobil lebih impresif. Kemudian pada bagian depan terdapat Active Grill Shutter, fitur ini akan membuka grill pada saat mobil dinyalakan sehingga aliran udara dapat meningkatkan kinerja termal kendaraan.

Selanjutnya pada kaca depan terdapat fitur Rain Sensing with Integrated Washer yang akan bertindak saat sensor mendeteksi kelembaban pada kaca depan mobil. Kemudian pada bagian samping mobil terdapat Door Handle Illumination yang membantu pengguna untuk menemukan handle pintu disaat minim cahaya. Pembaruan juga terlihat pada design velg All New Honda Accord RS e:HEV yang tampil lebih sporty dengan menggunakan desain velg baru berukuran 18″ Sporty Alloy Wheel Design.

Desain bodi belakang All New Honda Accord RS e:HEV yang lebih sporty dengan Full LED Tail Light serta penggunaan lampu sein LED seguential dan reflector menjadikan mobil ini memiliki tampilan belakang lebih mewah. “ Premium Interior Kabin All New Honda Accord RS e:HEV dirancang untuk memberikan visibilitas yang luas untuk memudahkan pengemudi dalam melihat pergerakan kendaraan maupun pengguna jalan yang lain. Terdapat 11.5″ Interactive Head up Display yang terintegrasi dengan Headunit dan Metercluster.

Fitur ini memproyeksikan indikator pada kaca depan yang menampilkan informasi berkendara seperti navigasi, indikator Honda SENSING, source audio dan kecepatan kendaraan. Dengan informasi berkendara pada kaca depan, pengemudi akan terbantu untuk lebih fokus selama berkendara sehingga meningkatkan aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara.

All New Honda Accord RS e:HEV memiliki 10.2” Interactive TFT Meter Cluster yang dapat menampilkan berbagai informasi diantaranya Speedometer, Fuel Meter, Full Screen Map, Sensing Indicator, Power Meter, Hybrid Battery Level hingga Engine Temperature & Status. Layar Meter Cluster memiliki tampilan digital dengan desain yang mewah dan terintegrasi dengan Display Audio yang menambah kenyamanan pengguna.

Roda kemudi All New Honda Accord RS e:HEV dilengkapi dengan material premium berlapis kulit yang nyaman saat digenggam. Roda kemudi juga dilengkapi dengan Steering Switch Audio & Honda SENSING dimana pengaturan Audio dan Honda SENSING di tampilkan di Head Up Display dan di TFT Meter. Deceleration Paddle Selector pada All New Honda Accord RS e:HEV memiliki fungsi sebagai pedal deselerasi (perlambatan) untuk memaksimalkan pengisian daya baterai melalui perlambatan kendaraan (regenerative braking) dimana semakin besar level perlambatan maka semakin banyak daya yang diserap oleh baterai.

BACA JUGA:  Relawan Sobat Erick se-Indonesia Deklarasi Dukung Erick Thohir di Lampung

Untuk lebih menunjang kenyamanan, kursi pengemudi dilengkapi Lumbar Support dan Driver Power Memory Seat with Easy Entry/Exit dimana teknologi ini akan membuat kursi pengemudi otomatis mundur saat mesin dimatikan dan akan maju saat mesin aktif. Kursi depan untuk pengemudi maupun penumpang depan terdapat 8-Way Driver Power Seat yang dapat menyesuaikan postur badan serta kenyamanan.

All New Honda Accord RS e:HEV juga dilengkapi dengan Wireless Charging Console with with Dual USB Charger Type C dibagian depan serta i-Dual Zone Auto A/C untuk AN pengaturan suhu antara pengendara dan penumpang depan secara terpisah. All New Honda Accord RS e:HEV memiliki Experience Selection Dial yang merupakan tombol shortcut untuk memudahkan serta mengoperasikan sistem berkendara seperti A/C dan pengaturan Audio yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi.

Pada bagian dashboard mobil terdapat 12.3″ Display Audio with Google built-in” untuk mengakses berbagai hiburan yang dapat dikoneksikan nirkabel dengan Smartphone pengemudi serta berbagai informasi yang diantaranya adalah Multi View Camera Assist yaitu fitur 360” Camera yang membantu pengemudi dalam visibilitas di bagian depan, samping dan belakang mobil
All New Honda Accord RS e:HEV menawarkan ruang kabin yang luas dan nyaman, untuk mendukung kenyamanan kursi penumpang telah menggunakan Black LeatherTrimmed Seat with Red Stitches yang menambah kesan sporty.

Selain itu, kesan interior yang premium juga terlihat pada Power Panoramic Sunroof, Premium Speaker BOSE yang ditempatkan di 12 titik serta Multicolor Interior Ambient Light dengan warna yang dapat disesuaikan dengan keinginan dari penggunanya. Pada bagian belakang terdapat juga Rear Center Console serta Rear A/C Ventilation with Dual USB Charger Type C, Rear Side Sunshade serta Electrostatic Touch LED Light. Mobil ini juga memiliki ruang akomodasi bagasi yang luas dengan 568 Liter yang dilengkapi dengan Trunk Flat Through Cabin.

Advanced Performance

All New Honda Accord RS e:HEV menggunakan mesin berkapasitas 2.0-iter directinjected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadu dengan Electrical Continuously Variable Transmission (E-CVT) dimana Honda memberikan jaminan gratis penggantian baterai hingga 8 tahun atau 160 ribu kilometer. Electric Motor di mobil ini menghasilkan tenaga maksimum 184 PS pada 5.000-8.000 rpm dan torsi maksimum 335 Nm pada 0-2.000 rpm, sementara dari 2.0L DOHC i-VTEC Engine menghasilkan tenaga maksimum 145 PS pada 6.100 RPM serta torsi maksimum 179 Nm pada 4.500 rpm, kombinasi tenaga dari Electric Motor dan mesin akan menghasilkan tenaga 207 PS.

Teknologi e:HEV adalah sistem dimana kedua motor listrik dan mesin bensin dapat bekerja secara saling support, menciptakan pengalaman berkendara yang efisien dalam berbagai kondisi. All New Honda Accord RS e:HEV memiliki sistem manajemen daya yang efisien dengan daya motor listrik yang mendominasi penggunaan baterai dibandingkan dengan bensin. Sehingga teknologi ini dapat mencapai tingkat efisiensi