Kadivpas Kemenkumham Lampung Pimpin Operasi Operasi Senyap Tes Urine WBP Secara Acak di Lapas Kalianda

# Dilihat: 126 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Lampung —

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, RB Danang Yudiawan memimpin operasi senyap tes urine secara acak dan dadakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda, Rabu 24 Januari 2024 malam.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Lampung bersama Tim Satgas Khusus Divpas yang merupakan gabungan dari Tim Satgas Kamtib, Tim Medis/Dokter dan Tim Psikologi Divisipas Lampung melancarkan giat operasi malam hari sekitar pukul 21.00 WIB, didampingi Plh. Kalapas Kalianda, Mohamad Maolana beserta jajaran.
sejumlah 78 WBP Lapas Kalianda diambil secara acak agar operasi berjalan dengan aman dan kondusif.

BACA JUGA:  Wujudkan Transparansi, Kalapas Gowim Mahali Buka Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pegawai Internal Lapas Tanjungpandan

Kadivpas, RB Danang Yudiawan mengatakan, sidak dan tes urine terhadap warga binaan dilaksanakan sebagai upaya preventif untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas dengan cara Bumikan 3+1 yaitu 3 Kunci Pemasyarakatan Maju (Deteksi Dini, Berantas Narkoba, dan Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum lainnya) + 1 Back To Basic Pemasyarakatan.

“Jika berdasarkan hasil tes urine terindikasi ada WBP yang melakukan penyalahgunaan narkoba akan kami proses register F serta dilakukan pemeriksaan mendalam, dan jika terbukti ada keterlibatan oknum petugas akan kami tindak tegas, kami tidak main-main,” kata RB Danang Yudiawan dengan tegas.

BACA JUGA:  Lapas Kelas IIB Sungaliat Kemenkumham Babel Hadiri Monitoring dan Asesmen Penerapan Dokumen SPPT-TI

Di tempat yang sama Plh. Kalapas Kalianda menjelaskan, dalam pelaksanaan Sidak oleh Kadivpas beserta jajaran memiliki dampak yang efektif yaitu memudahkan pelaksanaan tugas dan fungsi petugas Lapas dalam mencegah dan memutus mata rantai peredaran narkoba di dalam Lapas.

“Alhamdulillah, hasil Tes Urine yang diperoleh hasilnya negatif semua. Semoga Lapas Kelas IIA Kalianda selalu dalam lindungan Allah SWT,” kata Plh. Kalapas Kalianda yang turut melaksanakan kegiatan. Sebelumnya dilaksanakan Tes Urine dadakan oleh Tim Satgas Khusus Divpas, petugas Lapas Kalianda melakukan penggeledahan Blok hunian dengan pendekatan yang humanis agar stabilitas keamanan tetap terjaga.