Keluarga Besar IKL Medan Salurkan Donasi Untuk Korban Banjir di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

# Dilihat: 196 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Sumatera Barat —

Keluarga Besar IKL (Ikatan Keluarga Lima Kaum) Medan menggelar aksi sosial penggalangan dana untuk membantu sanak keluarga di Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang saat ini sedang dilanda banjir bandang (galodo).

Dalam aksi sosial ini, IKL Medan berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 11.500.000 .Secara simbolis, donasi tunai diserahkan perwakilan IKL Medan yang berada di Lima Kaum, Hermanto kepada Wali Nagari Lima Kaum, Fadli Tarmizi, SH. di Posko Peduli Banjir, Limo Kaum, Tanah Datar, Sumatera Barat, Senin (20/5). Penyerahan simbolis ini juga disaksikan Wali Jorong Balai Batu, Syafrizal Datuak Marajo, Wali Jorong Tigo Tumpuak, Wildon Datuak Marindo, dan Staf Kenagarian Limo Kaum.

BACA JUGA:  Komitmen Meraih WBK, Kalapas Kelas I Bandar Lampung Lakukan Kunjungan ke Ombudsman

Ketua IKL Medan, Yusri Efendi biasa disapa Ujang mengatakan,”Kami prihatikan melihat kondisi kampung kami yang saat ini dilanda banjir (galodo). Sebagai wujud kepedulian, Ikatan Keluarga Lima Kaum bersama-sama mengumpulkan donasi yang berasal dari para donatur keluarga IKL Medan.

Harapan kami, semoga donasi ini bisa bermanfaat dan meringankan penderitaan warga yang sedang dilanda musibah. Tetap semangat dan bangkit membangun negeri Limo Kaum yang kita cintai. Terima kasih untuk seluruh donatur yang sudah menyisihkan sebagian rezekinya untuk keluarga kita di Lima Kaum yang dilanda musibah banjir (galodo).”

BACA JUGA:  Sambut Hari Lahir Kemenkumham ke-78, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda Gelar Donor Darah

Sementara itu Wakil Ketua IKL Medan, Aldi Desmet menambahkan IKL Medan saat beranggotakan lebih dari 100 orang di Kota Medan, aksi donasi ini sebagai bukti saat ini warga IKL di Medan peduli dengan bencana yang terjadi kampung halaman, di Lima Kaum. Berbagai kegiatan IKL Medan laksanakan di Medan untuk memperkuat silaturahmi antar warga perantau Lima Kaum yang ada di Kota Medan.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar, banjir yang terjadi dipicu intensitas curah hujan yang tinggi. Banjir melanda lima kecamatan di Kabupaten Tanah Datar antara lain Kecamatan X Koto, Kecamatan Batipuh, Kecamatan Pariangan, Kecamatan Lima Kaum, dan Kecamatan Sungai Tarab.

BACA JUGA:  Kejaksaan Agung Memeriksa 6 Orang Saksi Terkait Perkara Ekspor Crude Palm Oil dan Turunannya

Kaji cepat sementara tercatat 25 KK terdampak, 24 unit rumah warga terdampak, dan 12 unit jembatan terdampak. BPBD Tanah Datar bersama unsur terkait terus melakukan upaya evakuasi warga terdampak dan melakukan penanganan darurat adalah melakukan upaya pencarian dan pertolongan.

IKL Medan saat ini sebar diberbagai daerah, termasuk di Kota Medan maupun Sumatera Utara. Kondisi yang saat ini dihadapi warga yang terkena bencana banjir bandang (galodo), terus menjadi perhatian keluarga besar IKL Medan dan terus berupaya memberikan bantuan untuk korban banjir bandang (galodo).