Penuh Keberkahan, Suka Cita Petugas dan Ratusan Warga Binaan Lapas Tanjungpandan Rayakan Idul Adha

# Dilihat: 241 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Belitung —

Gema takbir Hari Raya Idul Adha 1445 H yang jatuh pada Senin (17/07) disambut dan dirasakan dengan bahagia serta penuh keberkahan oleh seluruh umat muslim, tak terkecuali jajaran petugas dan ratusan Warga Binaan yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan.

Meski terbatas dari dunia luar dan masih harus menjalani masa hukuman, sejak pagi hari, Warga Binaan bergegas dan berpakaian rapi untuk melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha secara berjamaah di Lapangan Utama Lapas. Usai menunaikan Sholat led, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

BACA JUGA:  Kepala Lapas Muara Enim Hadiri Sertijab Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel

Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Gowim Mahali bersyukur di Hari Raya Idul Adha tahun ini, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan bisa menyembelih hewan qurban sebanyak 5 ekor Kambing yang merupakan Kurban dari jajaran pegawai Lapas. Menurutnya, pelaksanaan qurban merupakan bentuk ekspresi rasa syukur kepada Allah SWT dan secara syariat, dimana realisasi gurban adalah penyembelihan hewan gurban yang kemudian dibagikan kepada yang berhak.

BACA JUGA:  Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Bersama Menteri Perhubungan Cek Kondisi Arus Balik Lebaran 2023 di Sumatera Selatan

“Alhamdulillah hari ini kami bisa melaksanakan sholat Idul Adha secara berjamaah dan penyembelihan hewan kurban semoga bisa membagi kebahagiaan kepada warga binaan di momen Idul Adha ini,” ujar Kalapas.

Seraya menambahkan saat ini jumlah Warga Binaan Lapas sebanyak 278 orang. Jumlah tersebut sudah masuk kategori over kapasitas dari Kapasitas Hunian 121 Orang. Dirinya berharap, jajaran Lapas Tanjungpandan agar selalu melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan baik dalam melaksanakan pembinaan maupun pelayanan.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Djunaidi Apresiasi Semua Pihak atas Diusulkan KH. Ahmad Hanafiah sebagai Pahlawan Nasional dari Lampung

“Momentum Idul Adha ini sekaligus menjadi momentum peningkatan kinerja dengan Ikhlas tanpa cela dan berdampak positif kepada masyarakat,” tegasnya.