Kanwil Kemenkumham Babel Mengukuhkan Kader Rehabilitasi Lapas Narkotika Pangkalpinang

# Dilihat: 143 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Pangkalpinang –

Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto yang diwakili Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Dwi Harnanto hadiri kegiatan Pengukuhan Kader Rehabilitasi di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Rabu (03/07/2024).

Kegiatan Pengukuhan Kader Rehabilitasi ini merupakan rangkaian kegiatan proses Rehabilitasi Narapidana yang telah dimulai sejak Februari 2024 lalu. Rehabilitasi diikuti oleh 140 residen atau warga binaan selama enam Bulan.

Kalapas Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan orang-orang yang dipilih dapat memberikan kontribusi positif dan berkelanjutan dalam mendukung rehabilitasi narapidana dan tujuan pemasyarakatan yang lebih luas.

BACA JUGA:  Danbrigif 4 Marinir/BS Terima Penyerahan Jabatan Pasintel

Harapannya bahwa sistem pemasyarakatan menjadi lebih efektif dalam mempersiapkan narapidana kembali ke masyarakat dengan cara yang positif. Para Kader Rehabilitasi tersebut membutuhkan komitmen Tinggi untuk membantu narapidana memperbaiki hidup mereka dan menghindari perilaku kriminal di masa depan dan menjadikan sebagai contoh bagi Narapidana yang lain agar selalu menjadi insan pribadi yang lebih baik, ketika masih menjalani pidana maupun ketika sudah kembali ke masyarakat.

Kadivmin Kanwil Kemenkumham Babel Dwi Harnanto dalam Sambutannya menyampaikan, kegiatan hari ini merupakan bukti konkret dari komitmen bersama untuk mendukung proses rehabilitasi dan reintegrasi sosial. serta pentingnya rehabilitasi dalam konteks membangun keadilan restoratif.

BACA JUGA:  Disperindag Provinsi Lampung Berhasil Meraih Penghargaan KPPN Awards Terbaik ke- 3

“Untuk para kader yang dikukuhkan hari ini, anda bukan hanya menerima penghargaan tetapi juga mempunyai tanggung jawab yang besar. Mari kita terus berkolaborasi, tidak hanya dalam mendukung proses rehabilitasi tetapi juga dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pemulihan,” tegas Dwi Harnanto.

Kalapas menyampaikan Program Rehabilitasi Pemasyarakatan Tahun 2024 di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang juga telah berjalan dengan baik dan dalam pelaksanaan kegiatan juga telah dilakukan koordinasi yang baik bersama pihak BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan BNN Kota Pangkalpinang.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Djunaidi jadikan Mesuji sebagai Kabupaten Perikanan

Lebih lanjut, Kalapas berharap melalui kegiatan ini dapat mendukung terwujudnya sistem pemasyarakatan yang lebih efektif guna mempersiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan untuk kembali ke masyarakat dengan cara yang positif dan berkelanjutan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Bimbingan, Pembinaan, TI dan Kerja Sama (Andi Yudho), Kepala Subbidang Lola, Basan, Baran dan Keamanan (Andri Ferly), Kepala Subbidang Bimbingan dan Pengentasan Anak (Rita Ribawati), Kepala Subbidang Yantah, Kesrehab (Thery Munadi), Kepala Subbidang Pembinaan, TI dan Kerja Sama (Tommy Boyke), Serta Pejabat Struktural dan Pegawai Lapas Narkotika.