Kepala KPW BI Lampung Jelaskan Peran Bank Sentral Dalam Pertumbuhan Ekonomi Daerah

# Dilihat: 36 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Lampung Selatan –

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Lampung menggelar pelatihan kepada 20 wartawan regional Lampung tahun 2021 dengan materi mengenal Bank Indonesia lebih dekat. Dimana kegiatan Workshop Jurnalistik bagi Wartawan ini dilaksanakan sejak Jumat (08/10) kemarin hingga Minggu (10/10) yang diikuti oleh wartawan media, baik cetak, online maupun elektronik, di Grand Elty Krakatoa, Kalianda, Lampung Selatan, Sabtu (09/10)

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan saat memberikan materi “Mengenal BI” mengatakan, pelatihan ini dalam rangka meningkatkan pemahaman wartawan secara rutin, terutama terhadap sistem pembayaran, stabilitas sistem keuangan dan fungsi bank dalam kebijakan moneter serta memberi edukasi dan profesionalisme wartawan terutama dari sektor ekonomi. Sehingga media bisa lebih kredibel dalam menyampaikan berita, terutama terkait segala ruang lingkup yang ada di Bank Indonesia.

Budiharto Setyawan menyebutkan ada tujuh peran penting yang dipegang teguh oleh Bank Indonesia. “Peran penting yang dipegang erat oleh Bank Indonesia ada tujuh, yakni pertama melaksanakan penyusunan asesmen ekonomi dan keuangan daerah serta kegiatan advisory kepada kepala daerah. “Ini dilakukan dalam rangka mendukung pengendalian inflasi, serta pengembangan ekonomi dan keuangan daerah,” katanya saat sambutan di workshop jurnalistik.

Kedua, melaksanakan pengumpulan data serta statistk ekonomi dan keuangan daerah (SEKDA) dalam rangka mendukung pengambilan keputusan dan kebijakan di kantor pusat maupun daerah. “Ketiga BI melakukan pengembangan UMKM dan keuangan inklusif termasuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Lalu keempat melaksanakan komunikasi kebijakan BI,”ujarnya. Kelima melakukan implementasi sistem pembayaran (SP) non tunai dan perluasan program elektronifikasi pembayaran di daerah.

Kemudian yang keenam melakukan perizinan dan pengawasan sistem pembayaran pengelolaan uang rupiah (SP-PUR) serta perlindungan konsumen BI.
“Dan yang terakhir atau ketujuh BI dapat melakukan pengelolaan uang rupiah (PUR), meliputi perencanaan, pendistribusian, pengelolaan uang dan layanan kas,” tutur Budiharto.

BACA JUGA:  Cegah Abrasi, KPw BI Provinsi Lampung Bersama 20 Wartawan Tanam Mangrove di Pantai Lampung Selatan

Selain memberikan paparan soal peran BI, Budiharto yang mengambil tema besar “Mengenal BI” juga menguraikan tentang sejarah dan tujuan BI serta dan bagaimana BI berkerja. Agenda pelatihan dilanjutkan dengan pemberian materi soal “Komunikasi Bank Indonesia di Era Digital” oleh Kepala Divisi Relasi Media dan Opinion Maker, Departemen Komunikasi, KPw BI Provinsi Lampung Irfan Farullian. Kemudian, diteruskan materi “Jurnalistik dan Media Digital” oleh Pemred Republika.co.id Elba Damhuri.

Workshop Jurnalistik bagi Wartawan Regional Lampung dilaksanakan selama tiga hari, pada hari pertama, agenda pelatihan diisi oleh materi soal QRIS dan mengenai cinta, bangga, dan paham rupiah. Pada hari kedua disuguhkan materi soal kebanksentralan, komunikasi BI di era digital, serta materi jurnalistik dan media digital. Sementara itu, pada hari ketiga akan diisi oleh outbound. (Red)
 

  • Bagikan