Cegah Abrasi, KPw BI Provinsi Lampung Bersama 20 Wartawan Tanam Mangrove di Pantai Lampung Selatan

# Dilihat: 24 pengunjung
  • Bagikan

Betiklampung.com, Lampung Selatan –

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Lampung bersama 20 wartawan regional Lampung tahun 2021 melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove (bakau) di wilayah pesisir pantai di kawasan Pantai Grand Elty Krakatoa, Kalianda, Lampung Selatan, untuk mendorong dan berpartisipasi dalam mencegah abrasi, Minggu (10/10/2021)

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan mengatakan penanaman pohon mangrove kali ini dilakukan di Pantai Grand Elty Krakatoa, Kalianda, Lampung Selatan, ini merupakan kegiatan terakhir dari workshop jurnalistik regional Lampung serta dukungan terhadap pelestarian lingkungan hidup, khususnya di wilayah pantai.

“Jadi sebenarnya kegiatan ini merupakan agenda tambahan atau terakhir ya untuk kegiatan workshop jurnalistik regional Lampung di Grand Elty,” kata Budiharto Setyawan usai melakukan penanaman ratusan pohon mangrove bersama awak media. Selain kegiatan tambahan tersebut, kegiatan ini juga memberikan suatu pengalaman yang baik untuk para wartawan regional Lampung dengan tujuan melindungi lingkungan dan ekosistem laut yang ada di Lampung Selatan.

“Kita harus memperhatikan lingkungan hidup kita karena dengan kita menanam mangrove di bibir pantai ini dapat menjaga  kita dari abrasi dan ekosistem laut pun tetap berjalan baik. Bukan hanya itu hutan mangrove juga menjadi tempat bermukim dan berkembang biaknya burung, kepiting dan hewan lainnya, jadi harus dilestarikan.

Caranya untuk menanam mangrove tersebut adalah menggali pasir di daerah yang ingin ditanam sedalam kurang lebih 5-20 cm agar polybag yang berisi mangrove dapat tertanam dengan baik. Setelah polybag tersebut tertanam, berikan sebilah ranting atau bambu sebagai aljir untuk menyangga atau menopang mangrove di pesisir agar tidak mudah terbawa ombak, lalu Jarak penanaman anatara tanaman mangrove adalah satu langkah kaki orang dewasa.

BACA JUGA:  Maknai Hari Pelanggan Nasional 2021, Indosat Ooredoo Hadirkan GERAI ONLINE Dengan Berbagai Promo Spesial

“Oleh sebab itu, semua harus menjaga karena hewan yang ada di hutan bisa dijadikan suatu nilai tambah ataupun sumber pemasukan tambahan bagi masyarakat sekitar,” tutur Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung. Ia menambahkan dengan adanya kegiatan menanam mangrove ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Lampung, guna peningkatan kualitas lingkungan hidup khususnya di Lampung Selatan. (Tika)

  • Bagikan