Didukung Program Pertamina, Peternakan Sapi di Lamteng Berhasil Sulap Limbah Kotoran Sebagai Biogas

# Dilihat: 153 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Lampung Tengah —

Setelah menjadi mitra binaan Pertamina sejak Januari 2023, Sutarjo salah satu peternakan sapi di Desa Rejo Basuki Kecamatan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, berhasil memanfatkan kotoran hewan ternak sapi menjadi biogas yang berguna untuk bahan bakar memasak pengganti gas elpiji.

“Iya saya merasa terbantu sekali setelah menjadi mitra binaan Pertamina karena pihak Pertamina telah meberikan bantuan instalasi dan pelatihan cara mengolah kotoran tiga ekor sapi sehingga dapat menghasilkan gas yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak sehari-hari,” tutur Sutarjo.

BACA JUGA:  Suka Cita Hari Raya Idul Adha, Lapas Cibinong Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban Sebanyak 22 Ekor Sapi dan 11 Kambing

Ia menjelaskan langkah pengolahannya, kotoran dicampur dengan air, kemudian dimasukkan ke digester, sehingga air dan gas terpisah. Setelah gas di atas dan rir di bawah, Sutarjo akan ditribusikan gas ke paralon. Setelah itu Gas dari kotoran tiga ekor sapi yang dimilikinya tersebut dimanfaatkan untuk memasak.

Dalam memanfatkan teknologi alternatif ini dirinya berharap bantuan seperti ini juga dapat diperoleh oleh seluruh peternak sapi dan para petani di wilayahnya, sehingga kampung ini bisa menjadi desa energi berdikari sebagaimana program milik Pertamina.

BACA JUGA:  Danrem 043/Gatam Bersama Unsur Forkopimda Lampung Ikuti Upacara Dan Detik Detik Peringatan HUT ke - 76 Kemerdekaan RI

Dia mengaku amat beruntung mendapatkan manfaat sebagai mitra binaan Pertamina. Sebab dia tidak lagi harus membeli gas elpiji, sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk kebutuhan bahan bakar kompornya. “Kami sangat berterimakasih kepada Pertamina karena telah memberikan bantuan pengolahan biogas ini,” kata Sutarjo saat diwawancarai di Lampung Tengah.