Staf Ahli Menkumham Bidang Ekonomi Beri Penguatan Tusi dan RB Guna Pencapaian Target Kinerja Jajaran Kemenkumham Lampung Tahun 2023

# Dilihat: 166 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandarlampung —

Menjelang akhir tahun 2023 ini Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Dr. Lucky Agung Binarto, S.H., C.N., M.H., mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung dalam rangka Penguatan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi serta Reformasi Birokrasi untuk Pencapaian Target Kinerja yang dihadiri langsung Kepala Kantor Wilayah, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing; Kepala Divisi Administrasi, M.Ikmal Idrus dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, R.B. Danang Yudiawan, Selasa (21/11).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham Lampung diikuti juga Kepala Lapas Kelas I Bandar Lampung, Saiful Sahri, seluruh Kepala UPT di Provinsi Lampung; Pejabat Administrator dan Pengawas serta dihadiri secara virtual oleh seluruh Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung.

BACA JUGA:  Kurang Dari 3 Jam, Ahli Waris Korban Meninggal Dunia Kecelakaan K.A Bandung Menerima Santunan Jasa Raharja

Penguatan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi serta Reformasi Birokerasi untuk Pencapaian Target Kinerja resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing. dalam sambutannya Sorta menyampaikan secara singkat terkait profil dan capaian target kinerja Kantor Wilayah. Sorta juga menyampaikan upaya Kantor Wilayah dalam memperkuat integritas tugas dan fungsi.

“Dalam mendukung peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian Hukum dan HAM. Hasil Evaluasi Pemenuhan Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi B03 sampai B09 Kantor Wilayah Lampung Tahun 2023 lengkap 100%. Adapun hasil evaluasi penilaian 26 Satuan Kerja Kanwil Lampung terdapat 8 Satuan Kerja yang mencapai 100%, 14 Satuan Kerja dengan persentase di atas 80%, dan 4 Satuan Kerja dengan indikator kuning dan merah yang masih dibawah 80%. Sehingga, berdasarkan hasil evaluasi tersebut Kantor Wilayah Lampung beserta jajaran mendapat total nilai rata-rata 88,74%,” tutur Kakanwil Sorta Delima.

BACA JUGA:  Ciptakan Kemandirian Ekonomi, YBM PLN Targetkan 96 Kelompok Usaha Cahaya Terbentuk Tahun Ini

Menindaklanjuti hasil tersebut, Kantor Wilayah Lampung telah melakukan pendampingan dengan berkunjung ke para Satuan Kerja yang belum mencapai 80%. Dengan demikian, diharapkan pada Evaluasi akhir B12 nanti seluruh Satuan Kerja mampu mendapatkan nilai maksimal 100%.

Dalam Penguatan Reformasi Birokrasi oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Terkait Reformasi Birokrasi Tematik, Dr. Lucky menyampaikan tujuan dari RB Tematik ialah mempercepat manfaat program pembangunan agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat serta mempercepat penyelesaian permasalahan. RB Tematik berfokus pada percepatan Pelaksanaan Agenda Pembangunan Nasional yang memliki Sasaran Strategis RB sebagai pengentas kemiskinan dan Digitalisasi Administrasi Pemerintah.

BACA JUGA:  Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Sosialisasi Pencegahan Pelanggaran Kekayaan Intelektual Yang Diikuti Ratusan Peserta

Dr. Lucky juga mengingatkan kembali terkait Arahan Presiden Joko Widodo Tentang Reformasi Birokrasi antara lain Birokrasi yang berdampak serta dirasakan langsung oleh Masyarakat dan Birokrasi yang lincah dan cepat. Menutup penguatannya, Dr. Lucky menyampaikan data Capaian Indeks RB dari tahun 2021 dan 2022, Hasil Survei Aplikasi 3AS Kepuasan Masyrakat dan Persepsi Anti Korupsi (September dan Oktober 2023) di Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung.