Karo Humas Kunker ke Kanwil Kemenkumham Babel, Ini Hal Penting Yang Disampaikan

# Dilihat: 150 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Pangkalpinang —

Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama (Hukerma) Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI lakukan pembinaan kepada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung di Balai Pengayoman Kantor Wilayah, Jumat (17/05/2024).

Membuka kegiatan, Kepala Biro Hukerma, Hantor Situmorang mengingatkan jika peran pemangku kehumasan di wilayah cukup strategis. Tugas tersebut memerlukan dukungan dan kepedulian pimpinan, agar citra positif Kemenkumham yang merupakan tugas utama dari humas dapat terbentuk dengan baik.

Secara umum, tugas kehumasan sudah terinternalisasi dengan baik kepada seluruh pimpinan dan Kepala Kantor Wilayah, sehingga saat ini tugas Biro Hukerma berfokus pada Manajemen Kehumasan

Pada bidang advokasi hukum, Hantor meminta jajaran Kantor Wilayah dapat membantu Biro Hukerma untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi Kemenkumham, khususnya pada bidang hukum. Karena banyak masyarakat yang mempercayai Kemenkumham untuk menyelesaikan permasalahan hukum yang dialami dan banyaknya permintaan dari masyarakat untuk meminta perlindungan hukum.

BACA JUGA:  Kalapas Kelas I Bandarlampung Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan Apel Deklarasi Penandatanganan Pakta Integritas Bagi Petugas dan Warga Binaan

“Terkait kerja sama, kami berharap satuan kerja dapat rutin melakukan inventarisir dan melakukan publikasi Nota Kesepahaman serta Perjanjian Kerja Sama pada aplikasi yang dikelola oleh Biro Hukerma, yaitu P2MA (Penyimpanan dan Publikasi Kerja Sama) lalu mengevaluasinya,” harap Hantor.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto berterima kasih atas pembinaan dan koordinasi yang dilakukan oleh Biro Hukerma dan tim. Ia menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat dan berharap dapat membantu jajaran Kemenkumham Babel untuk meningkatkan kinerjanya .

BACA JUGA:  Lapas Metro Jalin Kerja Sama Dengan Dinkes Kota Metro Untuk Tingkatkan Fasilitas Kesehatan

Menurut Harun Sulianto ,Untuk mendorong terbentuknya citra positif yang menjadi tugas utama humas, jajarannnya telah melakukan berbagai upaya seperti penyebaran informasi melalui berbagai media, optimalisasi informasi pada website. “ juga menjalin hubungan baik dengan menggandeng rekanan media online,” tutur Harun.

Bertindak sebagai narasumber pada pembinaan ini yaitu, Aman Budi (Pranata Humas Muda) yang menyampaikan materi terkait Permenkumham Nomor 14 Tahun 2023 tentang Penataan Kerja Sama di Lingkungan Kemenkumham, Kerja Sama Dalam Negeri, serta pengenalan Aplikasi P2MA (Penyimpanan dan Publikasi Kerja Sama. Lalu Pranata Humas Muda (Rini Wulandari), yang menjelaskan tentang Kerja Sama Luar Negeri dan tahapannya.

BACA JUGA:  Menggelar Rakornas, Tim Pembina Samsat Nasional Perkuat Sinergi Untuk Dorong Kepatuhan Masyarakat Bayar Pajak

Narasumber lainnya yaitu, Yolanda (Analis Hukum Pertama), yang menyampaikan tentang Layanan Advokasi Hukum. Serta Safira Zhafarina (Pranata Humas Pertama), yang menjelaskan terkait Manajemen Kehumasan.

Kegiatan ini turut diikuti secara virtual oleh pemangku Kehumasan , Hukum dan Kerjasama di Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau, Kanwil Kemenkumham Bengkulu, serta Kanwil Kemenkumham Lampung.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kunrat Kasmiri), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Fajar Sulaeman Taman), para Kepala Unit Pelaksana Teknis di wilayah Pangkalpinang, serta 35 peserta yang terdiri dari Pemangku Humas, Kerja Sama dan Pengaduan dari seluruh Unit Pelaksana Teknis di wilayah Bangka Belitung.