Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, Pemprov Lampung Gelar Rakor Bahas Langkah Antisipasi dan Kesiapan Daerah

# Dilihat: 27 pengunjung

Bandar Lampung – Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi, memimpin Rapat Koordinasi Antisipasi dan Kesiapan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung serta Instansi Terkait untuk pemenuhan kebutuhan Bahan Pangan Pokok Masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, di ruang rapat Staf Ahli, Jumat (16/06/2023).
Dalam rapat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan mengatakan bahwa ada 2 hal yang perlu diperhatikan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, yaitu ketersediaan komoditas dan pengendalian inflasi.
“Biasanya, pada Hari Raya Idul Adha, kebutuhan komoditasnya memang tidak semeriah seperti di Hari Raya Idul Fitri, biasanya naik kurang dari 10%, jadi kita tingkatkan lagi ketersediaannya,” ucap Kusnardi.
Diperkirakan pada Hari Raya Idul Adha 1444 H, konsumsi daging akan meningkat, namun hal ini diyakini tidak akan menyebabkan inflasi, karena ada hewan kurban.
Ketersediaan komoditas yang ada di Provinsi Lampung saat ini terbilang cukup, dimulai dari beras, minyak goreng kemasan, tepung terigu, telur ayam ras, daging ayam ras, gula, bawang putih dan cabai.
Selain itu, ketersediaan hewan kurban seperti sapi, kerbau, kambing dan domba di Provinsi Lampung juga tercukupi.
Terkait dengan kesiapan Pemprov Lampung menghadapi Idul Adha, saat ini telah tersedia sebanyak 1.116 orang tenaga medis pemeriksa kondisi hewan kurban yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.
Pemeriksaan hewan kurban direncanakan akan dilakukan sejak h-7 Hari Raya Idul Adha 1444 H, serta pada saat pemotongan hewan kurban akan dilakukan hingga h+3 Hari Raya Idul Adha 1444 H. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)