Gubernur Arinal Apresiasi Dijadikannya Lampung Sebagai Penyelenggara Festival Keceran Tjimande Tingkat Nasional Tahun 2023

# Dilihat: 137 pengunjung

Betiklampung.com (SMSI), Bandarlampung —

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi dijadikannya Provinsi Lampung sebagai penyelenggara Festival Keceran Tjimande Tingkat Nasional tahun 2023, yang dihadiri oleh 12 Provinsi se- Indonesia.

“Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi Kesti TTKKDH yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pemikirannya untuk melestarikan seni tari dan pencak silat dengan digelarnya kejuaraan semacam ini,” ujar Arinal saat menghadiri Festival bertajuk “Dari Lampung Untuk Indonesia” di Stadion Pahoman Bandar Lampung, Kamis (28/9/2023).

Pada kesempatan itu, Arinal berharap kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi dan kecintaan masyarakat terhadap pencak silat.

BACA JUGA:  Kakanwil Pimpin Random Sampling Test Urine WBP dan Petugas, Tegaskan Rutan Kota Agung Bebas Narkoba !

Menurutnya, kehadiran Kebudayaan Seni Silat dan Tari, Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (Kesti TTKKDH) ini sebagai wadah melestarikan tradisi dan kebudayaan daerah

Kesti TTKDH juga bisa mewujudkan pembangunan SDM berkarakter, berakhlak mulia dengan menumbuhkan nilai-nilai budaya Indonesia dan Pancasila.

“Mari kita jadikan organisasi ini sebagai wadah yang baik untuk mendorong, terciptanya kerukunan, soliditas dan jalinan silaturahmi, baik di antara keluarga besar Kesti TTKKDH maupun para jawara lintas perguruan dan seluruh masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyaksikan pemecahan Rekor Muri Kelid Gede pesilat perpasangan sebanyak 1.160 peserta atau 580 pasang.

BACA JUGA:  Sekdaprov Berharap FKUB Lampung Aktif Tumbuhkan Kerukunan Umat Beragama dan Produktif Dalam Pembangunan

Arinal juga meminta Kesti TTKKDH untuk bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI.

“Mari kita satukan tekad, satukan tujuan bahwa NKRI harga mati,” katanya.
 
Sementara itu, Ketua Umum DPP Kesti TTKDH Wahyu Nurjamil mengatakan Provinsi Lampung sendiri sudah lama menjadi bagian dari keluarga Kesti TTKDH.

“Kesti TTKKDH hari ini hadir di Lampung ini merupakan bukti secara historis antara Lampung dan Banten. Tentu kita ingat ketua pertama Kesti TTKKDH pada tahun 1952 merupakan orang Lampung,” ujar Wahyu.

Wahyu mengajak seluruh anggota Kesti TTKKDH untuk terus menunjukkan kecintaan terhadap NKRI serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat.

BACA JUGA:  Rutan Bangil Laksanakan Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

“Dan menitipkan dengan kerendahan hati dengan rasa cinta kepada keluarga besar Provinsi Lampung untuk turut serta membina, merangkul dan mencintai Kesti TTKKDH,” katanya.

Adapun berbagai rangkaian kegiatan Festival Keceran Tjimande ini yakni Napak Tilas dan Ziarah Pini Sepuh, Keceran Akbar, Silarurahmi Keluarga Kesti TTKKDH Nasional, Pentas Budaya Tradisi Kesti TTKKDH, Bakti Sosial Donor Darah dan Bazar UMKM.

Hadir pula pada acara ini, Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Umar Effendi, anggota DPD RI dan Ketua DPW Kesti TTKKDH Provinsi Lampung Sumarna. (*)